Pengertian dan Contoh Cara Menyimpulkan Pesan Pidato / Ceramah / Khutbah Terlengkap

Pembahasan kali ini adalah pembahasan lengkap tentang pengertian pidato, pengertian ceramah, dan pengertian khutbah, contoh pidato, ceramah dan khutbah, dilengkapi dengan cara menyimpulkan isi pesan pidato, ceramah dan khutbah.

Kamu tentu sering menyaksikan atau mendengarkan orang berpidato di depan umum, bukan? Dan apakah kamu sering mendengarkan ceramah atau khotbah?

Kegiatan berpidato, ceramah, dan khotbah sekarang ini sudah sering ditayangkan di televisi atau radio. Pada upacara hari Senin, kamu juga mendengarkan pembina upacara menyampaikan pidatonya.

Pengertian Pidato, Ceramah dan Khutbah

Pidato merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran atau gagasan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.
Sementara itu ceramah adalah kegiatan berpidato dari seseorang (ahli suatu bidang) ditujukan kepada banyak pendengar yang membicarakan suatu topik. Ceramah biasanya berisi informasi, pengetahuan, dan penyuluhan.
Para tenaga medis, dinas pertanian, atau dari kepolisian sering mengadakan penyuluhan atau ceramah di lingkungan masyarakat. Bagaimana dengan sekolahmu? Apakah sering diberi penyuluhan oleh kepolisian, misalnya tentang dampak buruk kenakalan remaja? Itulah yang dinamakan ceramah.
Adapun yang dimaksud khotbah adalah semacam pidato, namun yang dibahas adalah uraian mengenai ajaran agama. Misalnya jika kamu seorang muslim, khotbah dapat kamu dengarkan setiap Jumat di masjid. 
Bagaimana sikapmu saat mendengarkan khotbah? Untuk dapat menyimpulkan isi pesan dalam sebuah pidato/ceramah/khotbah kamu harus mendengarkannya dengan saksama dari awal sampai selesai. Jangan sekali-kali melakukan kegiatan yang lain, misalnya berbicara sendiri dengan teman.

Cara Menyimpulkan Isi Pesan Pidato

Teknik yang dapat kamu gunakan agar dapat menyimpulkan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah adalah sebagai berikut.

1. Dengarkanlah dengan saksama isi pidato/ceramah/ khotbah, jika perlu rekamlah.

2. Ingatlah dan pahami betul bagian-bagian yang dianggap penting

3. Bagian yang dianggap penting biasanya disuarakan dengan keras dan ada nada penekanan dari si orator/penceramah.

4. Tulislah garis besar isinya.

5. Susunlah garis besar isi menjadi kalimat simpulan pidato yang baik.

Contoh pidato 

Pidato Sambutan Ketua Osis
Hari Pahlawan (10 November)
Pidato Ketua OSIS SMPN 1 Mojolaban Menyambut Hari Pahlawan
Pengertian dan Contoh Cara Menyimpulkan Pesan Pidato / Ceramah / Khutbah Terlengkap
Pidato
Assalamuailaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMPN 1 Mojolaban. Bapak Ibu Guru serta karyawan semua, serta kawan-kawan SMPN 1 Mojolaban.

Kawan-kawan yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena di pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul di halaman sekolah untuk memperingati Hari Pahlawan.

Sebagai anak Surabaya, tentunya kita mengetahui semangat arek-arek Surabaya dalam mengusir penjajahan. Di kota ini, semangat arek-arek Surabaya masih menggaung di sanubari kita. Pekik-pekik Bung Tomo masih bergelora di hati kita. "Merdeka ...Merdeka ...Terus maju ... Pantang mundur ..." Darah pun dikorbankan. Nyawa pun dipertaruhkan. Ya ... itulah arti kemerdekaan.

Kawan-kawan yang berbahagia.

Itulah awal mula kemerdekaan. Itulah api yang mengobarkan semangat bangsa Indonesia. Api itu adalah darah pahlawan kita. Api itu adalah nyawa pahlawan kita.

Kawan-kawan yang berbahagia!

Itulah arti 10 November. Mereka minta diperingati, mereka tidak minta dipuja. Hanya satu pintanya, hargailah hasil perjuangan mereka. Hargailah kemerdekaan. Lanjutkan usaha mereka. Jadilah pahlawan-pahlawan baru untuk mewujudkan Indonesia adil makmur, gemah ripah loh jinawi.

Kawan-kawan yang berbahagia.

Mari sejenak kita berdoa kepada Tuhan, semoga arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita diberi surga pada para Suhada yang gugur di medan perang. Semoga kita yang ditinggalkan mampu menjadi pahlawan-pahlawan baru bagi negeri ini.

Akhirnya, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates: