Pengertian dan Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah serta Cara Membuatnya

Apakah sekolahmu berlangganan surat kabar? Mengapa sekolahmu berlangganan surat kabar? Tujuan kita berlangganan surat kabar pasti untuk mendapatkan informasi penting.

Memang dalam sebuah surat kabar memuat informasi-informasi yang sangat bermanfaat bagi kita. Ada informasi politik, sosial budaya, olahraga, artikel, atau surat pembaca. Pelajaran ini menfokuskan kamu agar lebih paham bagaimana menulis surat pembaca yang baik.

1. Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca surat kabar. Surat pembaca ditulis sebagai ungkapan atau sikap yang ditunjukkan penulisnya untuk pihak tertentu melalui media surat kabar.

Oleh karena itu, surat pembaca mempunyai bermacam-macam isi. Ada surat pembaca berisi kritikan, pujian, harapan, informasi, ucapan terima kasih, tanggapan, jawaban dan lain-lain.

Coba, sekarang bacalah contoh surat pembaca yang dimuat harian Kompas, 18 Oktober 2007 berikut ini!

Contoh Surat Pembaca "KOMPAS"

Surat Pembaca (1)

Surat pembaca hendaknya dilengkapi fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, berikut nomor telepon yang dapat dihubungi. Kompas tidak mengembalikan surat-surat yang diterima. (2)

Lagi, Sertifikasi Guru (3)

Curahan hati dua guru, M. Budi Prastowo dari Purworejo dan Suhasni Hasan dari Jogjakarta, Kompas (15/10), sangat menyentuh perasaan kita. Mereka berdua merasa tersingkirkan dengan adanya sertifikasi guru karena tidak memenuhi persyaratan atau tidak masuk kuota. Padahal, usia mereka tidaklah muda lagi. (4)

Pastinya harapan semua guru adalah dapat ikut sertifikasi guru, lulus, dan "dianggap" profesional. Siapa yang tidak mengharapkan gaji lipat dua dan menjadi lebih sejahtera? Saya yakin keluhan macam ini tidak hanya dari dua guru tersebut, tetapi dialami juga banyak guru. Setelah membaca surat pembaca itu, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan atau diselesaikan dengan bijaksana oleh Depdiknas dan para pemangku kepentingan.

Pertama, bisa kita maklumi, pengabdian mereka kurang lebih 30 tahun hanya digagalkan dengan aturan baru yang sulit dipenuhi. Kedua, pemberian kuota yang adil antara guru negeri dan swasta dengan mendasarkan pada umur saja tidaklah tepat. Ketiga, peran asesor sertifikasi guru yang hanya sebatas meneliti portofolio guru dan menilai dari portofolio yang dikumpulkan saja bukanlah penialaian yang tepat. Keempat, sering kali guru beranggapan sudah profesional karena sudah senior, sudah dekat pensiun, sudah S1 atau S2. (5)

Perlu ditinjau lagi atau dijabarkan lagi bagaimana guru yang profesional itu. (6)

Thomas Sutasman (7)
Perum Griya Tritih Asri F6, Jeruklegi, Cilacap.

Sumber: Kompas, 19 Oktober 2008.

Keterangan Contoh surat pembaca di atas:

1. Judul dalam surat kabar

2. Syarat menulis surat pembaca di harian Kompas

3. Judul surat pembaca

4. Bagian pembuka surat

5. Bagian isi/inti surat

6. Bagian penutup surat

7. Si pengirim/pembuat surat pembaca

Nah, setelah kamu membaca contoh surat pembaca di atas, tentu kamu dapat menunjukkan ciri-cirinya.

Sebuah surat pembaca memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a. Ditulis oleh pengirim yang dilengkapi dengan nama dan alamat.

b. Judul ditulis dengan jelas.

c. Isi naskah ditulis langsung ke pokok persoalan.

2. Menulis Surat Pembaca tentang Lingkungan Sekolah

Pengertian dan Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah serta Cara Membuatnya
Surat Pembaca
Setelah mengetahui ciri-ciri surat pembaca, sekarang kamu dapat belajar menulis surat pembaca. Supaya naskah yang kamu buat dapat dimuat pada surat kabar tujuanmu, penuhilah syarat-syarat dimuatnya surat pembaca di media tersebut. Hal ini sangat penting karena setiap surat pembaca yang dimuat harus dapat dipertanggungjawabkan penulisnya.

Sekarang, cobalah berlatih menulis surat pembaca. Tema yang akan digunakan sebagai bahan penulisan surat pembaca adalah tentang lingkungan sekolah. Kamu amati dan cermati lingkungan sekolahmu.

Tentukan tujuan surat pembaca, apakah kamu bermaksud mengkritik, memuji, memberitahukan, menyampaikan ucapan terima kasih, atau mengusulkan sesuatu.

Setelah itu, ikutilah petunjuk penulisan surat pembaca di bawah ini!

a. Tulislah judul surat pembaca.

b. Kepada siapa isi surat itu kamu maksudkan.

c. Buatlah paragraf pengantar secara naratif atau cerita.

d. Sampaikan isi atau pesan secara jelas dan singkat.

e. Gunakanlah bahasa yang santun agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

f. Tulislah nama dan alamatmu secara lengkap dengan dilengkapi fotokopi kartu pelajar.

Subscribe to receive free email updates: