Gangguan Penyakit dan Kelainan pada Mata Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang penyakit mata, kalainan pada mata, mata juling, mata katarak, mata merah, obat sakit mata, gangguan penglihatan, gangguan pada mata dan penyakit pada mata lengkap dengan penjelasannya.

Gangguan Penyakit dan Kelainan pada Mata


1) Miopi (Rabun jauh)

Miopi adalah gangguan penglihatan dimana seseorang tidak dapat melihat dengan jelas benda yang jauh, karena lensa mata terlalu cembung, sehingga bayangan jatuh di depan retina. Miopi ditolong dengan kaca mata berlensa cekung.

2) Hipermetrop (Rabun dekat)

Hipermotropi adalah gangguan penglihatan dimana seseorang tidak dapat melihat dengn jelas benda yang letaknya dekat. Hal ini disebabkan lensa mata terlalu pipih, sehingga bayangan jatuh di belakang retina. Hipermetrop ditolong dengan kaca mata berlensa cembung.
Gangguan Penyakit dan Kelainan pada Mata Manusia
Gambar: Gangguan Mata Miopi dan Hipermetropi

3) Presbiopi

Presbiopi adalah gangguan penglihatan yang disebabkan otot penggerak lensa mata telah mengendur, sehingga daya akomodasi berkurang. Biasanya di derita oleh orang berusia lanjut.

Dibantu dengan kaca mata berlensa rangkap, yaitu lensa cekung di bagian atas untuk melihat benda yang letaknya jauh dan lensa cembung di bagian bawah untuk melihat benda yang letaknya dekat.

4) Katarak

Merupakan gangguan pada lensa mata yang menjadi keruh, kabur, buram, dan tidak elastis akibat pengapuran sehingga daya akomodasi berkurang dan cahaya terhalang untuk masuk ke selaput jala (retina)

5) Buta warna

Apabila seseorang menderita buta warna, maka orang tersebut akan sulit membedakan warna-warna tertentu seperti merah, hijau dan biru, karena adanya kerusakan sel batang yang tidak dapat menangkap sinar merah, hijau atau biru.

6) Juling

Juling disebabkan karena tidak serasinya (seimbang) kerja otot-otot penggerak bola mata kiri dan kanan. Gangguan ini dapat diatasi dengan operasi otot-otot mata

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Penyakit dan Kelainan pada Mata Manusia"

Post a Comment