Mekanisme dan Pengertian Evolusi serta Teori Evolusi menurut Darwin

Berikut ini merupakan pembahasan yang masih berkaitan dengan adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam, yaitu tentang teori evolusi yang pembahasannya meliputi pengertian evolusi, teori evolusi darwin, mekanisme evolusi, teori evolusi biologi, proses evolusi bumi, teori evolusi menurut darwin.

Setelah makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya secara turun-temurun, maka pada suatu saat akan dihasilkan turunan yang berbeda dengan nenek moyangnya.

Dengan kata lain terbentuklah varian baru yang mengarah pada terbentuknya jenis baru. Maka jelaslah bahwa alam akan menyeleksi makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Perhatikanlah contohnya pada gambar ini di bawah ini!
Mekanisme dan Pengertian Evolusi serta Teori Evolusi menurut Darwin
Gambar: Contoh Adaptasi Kupu-kupu Biston betularia

Pada gambar di atas merupakan salah satu contoh peristiwa seleksi alam yang terjadi di Inggris. Jenis kupu-kupu yang banyak dijumpai di daerah industri adalah kupu-kupu bersayap gelap hitam.

Sedangkan kupu-kupu yang banyak dijumpai di daerah pertanian adalah kupu-kupu bersayap cerah. Mengapa demikian? Selidikilah!

Kasus seleksi alam yang lain adalah makin punahnya burung puyuh liar. Lingkungan hidupnya adalah di daerah bebatuan atau daerah bidang yang tanahnya bergumpal-gumpal. Pada lingkungan ini burung puyuh akan lebih sesuai sehingga sulit ditangkap musuhnya.

Saat ini ladang bebatuan mulai langka dan petani jarang yang menggali-gali ladang. Sehingga burung puyuh sulit bersembunyi, akibatnya burung puyuh sekarang terancam punah.

Pengertian Evolusi

Adanya seleksi alam dan adaptasi mengakibatkan terjadinya perubahan jenis makhluk hidup dari generasi ke generasi. Proses tersebut berlangsung dalam waktu yang lama.
Perubahan itu dapat mengarah terbentuknya jenis baru, peristiwa ini dikenal sebagai evolusi. Evolusi merupakan perubahan makhluk hidup yang terjadi secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama. 

Mekanisme Evolusi

Teori evolusi yang sangat terkenal adalah teori evolusinya Darwin. Menurut Darwin, pada mulanya nenek moyang jerapah ada yang berleher panjang dan ada yang berleher pendek.

Jerapah yang berleher pendek akan musnah karena kalah bersaing dengan jerapah yang berleher panjang dalam hal mencari makanan, sedangkan jerapah yang berleher panjang dapat terus mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Selanjutnya sifat jerapah berleher panjang diwariskan kepada keturunannya, oleh karena itu keturunan jerapah yang hidup sekarang ini berleher panjang.

Teori Evolusi Darwin

Dari hasil pengamatan ini, Darwin berpendapat bahwa:

a. Spesies yang hidup sekarang ini berasal dari spesies-spesies yang hidup pada masa silam.

b. Evolusi terjadi karena seleksi alam.

Dua pendapatnya tersebut didukung oleh hasil pengamatannya selama mengadakan ekspedisi ke kepulauan Galapagos. Menurut Darwin, nenek moyang burung finch di kepulauan Galapagos berasal dari Ekuador, Amerika Selatan.

Karena sesuatu hal burung itu bermigrasi dan sampai di kepualauan Galapagos. Di Ekuador burung tersebut memakan biji-bijian sebagai makanannya.

Di Galapagos burung finch tidak menemukan biji-bijian sebagai makanannya, yang akhirnya burung itu beradaptasi dengan makanan yang ada di kepulauan Galapagos. Anggota populasi yang paruhnya sesuai dengan kondisi makanan di kepulauan Galapagos.

Demikian pembahasan mengenai teori evolusi menurut darwin, dan menurut perkembangan ilmiah kekinian ternyata teori evolusi menurut darwin rapuh dan runtuh dengan penemuan-penemuan serta penelitian menurut parah ahli, salah satu contohnya adalah Harun Yahya yang mampu menyangkal teori evolusi menurut darwain.

Loading...