Mekanisme Proses Melihat pada Mata Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang mekanisme penglihatan atau proses penglihatan pada mata yang meliputi proses melihat pada mata manusia, jelaskan proses melihat, proses mata melihat benda, proses terjadinya penghlihatan, bagaimana proses melihat, proses mata dapat melihat benda.

Jelaskan Bagaimana proses mata bisa melihat? Tahukah kamu caranya mata bisa melihat? Mata bisa melihat benda karena adanya cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut ke mata. Jika tidak ada cahaya yang dipantulkan benda, maka mata tidak bisa melihat benda tersebut.

Proses Melihat Benda

Benda-benda di luar mata mengirimkan cahaya masuk dalam mata dengan menembus kornea, aqueous humor, melalui pupil, lensa kristanila, vitreous humor setelah mengalami beberapa kali pembiasan, sampailah pada retina (sebagai layar penangkap bayangan, bayangan pada retina terbalik dan lebih kecil) bayangan tersebut dikirim ke pusat penglihatan (otak) melalui saraf optik di otak (lobus opticus), bayangan tersebut diartikan kita dapat melihat benda tersebut.
Mekanisme Proses Melihat pada Mata Manusia
Gambar: Skema Proses Melihat Benda

Secara Sistematis Proses mata melihat benda adalah sebagai berikut

1) Cahaya yang dipantulkan oleh benda di tangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan melalui pupil.

2) Intensitas cahaya yang telah diatur oleh pupil diteruskan menembus lensa mata.

3) Daya akomodasi pada lensa mata mengatur cahaya supaya jatuh tepat di bintik kuning.

4) Pada bintik kuning, cahaya diterima oleh sel kerucut dan sel batang, kemudian disampaikan ke otak.

5) Cahaya yang disampaikan ke otak akan diterjemahkan oleh otak sehinga kita bisa mengetahui apa yang kita lihat. (Sumber: GuruIPA.com)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mekanisme Proses Melihat pada Mata Manusia"