Pengertian dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu jenis adaptasi pada makhluk hidup yaitu adaptasi tingkah laku, yang meliputi pengertian adaptasi tingkah laku, contoh adaptasi tingkah laku, adaptasi tingkah laku pada hewan, adaptasi tingkah laku pada tumbuhan, adaptasi tingkah laku pada manusia.

Pengertian Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku juga dapat dengan mudah kita amati, seperti halnya adaptasi morfologi. Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian diri terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. 

Beberapa hewan yang melakukan adaptasi tingkah laku, diantaranya bunglon dan cecak. Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya sesuai dengan warna lingkungan (mimikri). Pada waktu bunglon berada di daun yang berwarna hijau, warna kulitnya menjadi hijau.

Pada waktu merayap di tanah atau bebatuan, warna kulitnya menjadi hitam. Jadi, warna kulit bunglon selalu sesuai dengan warna lingkungannya. Tingkah laku demikian menguntungkan bunglon sehingga terhindar dari bahaya ancaman pemangsanya.

Cecak dapat melakukan pemutusan ekornya. Peristiwa demikian terjadi bila lingkungan mengancam
keselamatan dirinya, misalnya pada waktu dikejar musuhnya. Ekor cecak dapat diputuskan dan bergerakgerak sehingga perhatian musuhnya tertuju pada potongan ekor cecak yang masih bergerak-gerak tadi.

Keadaan demikian digunakan cecak untuk melarikan diri dari musuhnya. Jadi, dalam keadaan bahaya maka cecak dapat mengelabuhi pemangsa dengan cara memutuskan ekornya atau yang dikenal dengan peristiwa autotomi.
Pengertian dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan
Gambar: Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Cicak

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Contoh adaptasi tingkah laku adalah:

a. Ikan paus sering muncul ke permukaan untuk menghirup udara.

b. Rayap dewasa sering memakan kembali kulit kelupasannya. Hal ini terjadi karena pada saat kulit mengelupas, usus belakang ikut mengelupas dan mengandung flagelatta penghasil enzim selulose.

c. Rayap yang baru menetas menjilati dubur rayap dewasa.

d. Daun jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau.

e. Pada musim kemarau tanaman kunyit melakukan dormansi (masa tidur).

f. Pada siang hari beberapa tanaman ada yang menggulungkan daunnya untuk mengurangi penguapan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan"

Post a Comment