Pengertian Seleksi Alam (Simbiosis Parasitisme, Kompetisi, Predasi), Contoh dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Seleksi Alam

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian seleksi alam, contoh seleksi alam, faktor yang mempengaruhi seleksi alam, pengertian predasi, pengertian kompetisi, pengertian seleksi seksual, pengertian simbiosis parasitisme, contoh simbiosis parasitisme, contoh predasi, contoh kompetisi.

Pengertian Seleksi Alam

Kalian tentu masih ingat tentang adaptasi. Adaptasi merupakan usaha makhluk hidup untuk mempertahankan diri dari kepunahan. Alamlah yang memilih atau menyeleksi.

Makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi akan punah atau migrasi ke tempat/lingkungan yang baru sesuai dengan pola hidupnya. Sedangkan makhluk hidup yang mampu beradaptasi akan tetap bertahan hidup meskipun lingkungannya berubah.
Peristiwa punahnya makhluk hidup karena tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan alam disebut seleksi alam. 

Faktor-faktor yang Mempenaruhi Seleksi Alam

Seleksi alam terjadi karena adanya faktor-faktor berikut

1. Predasi

Predasi yaitu adanya hewan yang memangsa hewan lain, sehingga hewan yang dimangsa akan punah atau migrasi ke tempat lain yang aman dari predator.
Contoh : Harimau memangsa rusa.
Pengertian Seleksi Alam (Simbiosis Parasitisme, Kompetisi, Predasi), Contoh dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Seleksi Alam
Gambar: Contoh Predator (Harimau memangsa Rusa)

2. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah Interaksi antara dua spesies, yang satu mendapat keuntungan dan yang lain dirugikan. Maka spesies yang dirugikan akan punah.

3. Kompetisi

Kompetisi yaitu Dalam suatu ekosistem jika terdapat berbagai jenis spesies yang jenis makanannya sama, sedangkan jumlah makanan terbatas, maka akan terjadi persaingan dalam perebutan makanan, sehingga spesies yang kalah dalam persaingan bermigrasi mencari tempat lain yang ada makanannya atau punah.
Contoh: Dalam padang rumput terjadi kompetisi memperebutkan makanan oleh kuda, kambing, rusa, sapi, kerbau, dan lain-lain.

4. Seleksi seksual

Seleksi seksual terjadi karena;

1) Apabila suatu spesies memproduksi keturunannya lebih banyak daripada yang dapat bertahan hidup.

2) Adanya variasi diantara individu dalam satu spesies, dari beberapa variasi yang dihasilkan salah satunya akan menghasilkan keturunan yang lebih baik dari yang lain dari individu dari variasi terbaik akan mendukung pertumbuhan populasi.

Subscribe to receive free email updates: