Struktur Anatomi Bagian-bagian Lidah, Cara Kerja Lidah dan Gangguan Penyakit pada Lidah

Berikut ini merupakan pembahasan tentang indra pengecap yaitu lidah, yang meliputi struktur lidah, bagian bagian lidah, proses mengecap pada lidah, gangguan lidah, penyakit pada lidah, anatomi lidah, cara kerja lidah.

Apakah kamu bisa membedakan beberapa rasa makanan? Seperti gula rasanya manis, cabe rasanya pedas dan jamu rasanya pahit. Organ apakah yang mampu membedakan rasa-rasa tersebut? Organ tersebut lidah yang berfungsi sebagai alat pengecap. Zat yang dapat dikecap adalah zat-zat kimia yang berupa larutan.

Struktur Anatomi Bagian-Bagian Lidah

Lidah terletak di dasar mulut yang mempunyai pembuluh darah dan saraf. Lidah merupakan organ yang tersusun atas otot. Otot pada lidah ada 2 kelompok, yaitu intrinsik untuk melakukan gerakan halus dan ekstrinsik untuk gerakan kasar (saat mengunyah dan menelan makanan).

Pada permukaan lidah dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir. Jika dilihat dengan kaca pembesar maka tampak permukaan lidah tidak rata, melainkan terdapat lekukan-lekukan yang banyak. Lekukan tersebut merupakan reseptor pengecap yang berupa kuncup pengecap.

Kuncup pengecap terdiri atas sekelompok sel sensori yang memiliki tonjolan seperti rambut. Kundup pengecap terletak di celah-celah tonjolan lidah (papila). Papila dapat kita rasakan sebagai tonjolan tidak teratur pada permukaan lidah.

Papila terdiri atas tiga jenis yaitu:

a. Papillae sirkumvalata, merupakan jenis papila terbesar dan dikelilingi palung membentuk hiruf v ke arah bagian belakang lidah.

b. Papillae fungiformis, menyebar pada permukaan ujung dan sisi lidah berbentuk jamur.

c. Papillae filiformis, merupakan papila terbanyak dan menyebar pada seluruh permukaan lidah.
Struktur Anatomi Bagian-bagian Lidah, Cara Kerja Lidah dan Gangguan Penyakit pada Lidah
Gambar: Struktur Anatomi Bagian-bagian Lidah

Di celah-celah papila terdapat kuncup pengecap yang terdiri atas sekumpulan reseptor yang peka terhadap rangsangan rasa. Kuncup-kuncup pengecap berkumpul pada daerah tertentu pada lidah, ada 4 kuncup, yaitu:

1) Kuncup rasa manis lebih banyak terdapat di bagian ujung lidah.

2) Kuncup rasa asam lebih banyak berkumpul di tepi depan kiri kanan lidah.

3) Kuncup rasa asin lebih banyak berkumpul di tepi belakang kiri kanan lidah.

4) Kuncup rasa pahit lebih banyak berkumpul di pangkal lidah.

Cara Kerja Lida (Proses Mengecap)

Bagaimana proses mengecap itu? 
Zat kimia yang terlarut dalam air liur diterima oleh reseptor saraf pengecap, diterima sebagai impuls saraf dan diteruskan menuju pusat pengecap di otak untuk diterjemahkan. Aroma akan mempengaruhi rasa dan rasa akan mempengaruhi aroma. 
Benarkah kalimat tersebut? Jika kamu mencium bau atau aroma makanan misalnya bau sate yang baru dibakar, bau asap tersebut seolah-olah dapat merasakan kelezatannya sate itu meskipun tidak mencicipinya.

Hal ini dapat terjadi karena zat-zat yang mudah menguap itu akan masuk ke dalam hidung akan sampai ke mulut melalui faring lalu larut dalam ludah sehingga merangsang reseptor pengecap. Jadi, indra pencium dan indra pengecap akan bekerja sama ketika merasakan makanan yang sedap.

Gangguan Penyakit pada Lidah

Gangguan pada lidah dapat terjadi bila terjadi peradangan lidah misalnya sariawan. Penyakit ini karena kekurangan vitamin C, akan mengganggu dalam proses pencernaan makanan di lidah.

Jika kamu sakit, kemungkinan merasakan pahit pada saat kamu makan, mengapa? 

Bila salah satu indra terganggu misalnya terserang selesma, maka nafsu makan seseorang menjadi berkurang karena hidung tidak dapat mencium bau (aroma) makanan yang dimakan. Jika terjadi penyakit yang dapat mengganggu indra pengecap segeralah berobat, untuk menjaga kesehatan badan.

Subscribe to receive free email updates: