3 Cara Membuat Magnet (dengan Cara Menggosok, Induksi dan Arus Listrik) serta Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetannya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara membuat magnet permanen, cara membuat pembangkit listrik tenaga magnet, cara pembuatan magnet, cara membuat magnet buatan, cara membuat magnet listrik, cara membuat magnet dengan arus listrik, membuat magnet dengan cara induksi, bahan pembuat magnet, cara membuat magnet dengan cara menggosok, cara menghilangkan sifat kemagnetan.

Cara Membuat Magnet

Magnet dapat dibuat dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk batang disebut magnet batang, yang berbentuk U disebut magnet U, yang berbentuk silinder disebut magnet silinder, yang berbentuk jarum disebut magnet jarum, dan ada pula yang berbentuk tapal kuda disebut magnet tapal kuda atau magnet ladam.

Beberapa magnet yang disebutkan di atas terbuat dari bahan ferromagnetikMagnet yang bahannya didapatkan dari hasil tambang disebut magnet alam.

Sedangkan sifat kemagnetan benda yang dibuat orang disebut magnet buatan. Bagaimana cara membuat magnet buatan?

Ada tiga cara untuk membuat magnet, yaitu sebagai berikut
Gambar: 3 Cara Membuat Magnet

a. Membuat magnet dengan cara menggosok

Sebatang baja dapat dibuat magnet dengan cara menggosoknya dengan sebuah magnet batang.

b. Membuat magnet dengan cara induksi

Sebatang besi atau baja didekatkan pada sebuah magnet, sehingga batang besi atau baja tersebut menjadi magnet. Peristiwa batang besi atau baja menjadi magnet karena sebuah magnet yang ada didekatnya disebut induksi magnetik. Jadi cara membuat magnet seperti itu disebut cara membuat magnet dengan induksi.

c. Membuat magnet dengan menggunakan arus listrik

Batang baja dililiti kawat penghantar kemudian dialirkan arus listrik yaitu arus listrik searah hingga batang baja tersebut menjadi magnet.

Magnet buatan tidak selamanya menjadi magnet. Magnet buatan akan hilang sifat kemagnetannya bila sumber magnet dihilangkan sehingga dinamakan magnet sementara. Namun ada pula magnet yang sumber magnetnya dihilangkan tetapi sifat kemagnetannya tetap dinamakan magnet tetap.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Selain dapat dibuat, magnet juga dapat dihilangkan. Sifat kemagnetan pada benda dapat dihilangkan dengan cara pemanasan atau pemukulan

Kedua proses ini menyebabkan atom-atom magnet bergetar lebih kuat dan mengganggu keteraturan magnet-magnet elementer. Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris menjadi arahnya sembarangan, sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.


Loading...