Alat dan Cara Perkembangbiakan (Reproduksi) pada Ikan dan Katak (Fertilisasi Eksternal)

Berikut ini merupakan pembahasan tentang perkembangbiakan ikan, perkembangbiakan katak, reproduksi ikan, reproduksi katak, cara reproduksi ikan, cara reproduksi katak, alat reproduksi ikan, alat reproduksi katak, jelaskan cara pembuahan pada ikan?

Fertilisasi eksternal

Fertilisasi eksternal merupakan proses pembuahan atau bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina yang terjadi di luar tubuh induknya. Pada proses pembuahan yang terjadi di luar tubuh, induk betina mengeluarkan sel telurnya ke luar tubuhnya, seperti ikan dan katak.

a) Perkembangbiakan ikan

Alat kelamin ikan betina memiliki sepasang indung telur (ovarium) yang menyatu, sel telur dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran telur (oviduk) yang bermuara di lubang urogenital terletak di belakang anus. Lubang tersebut berfungsi untuk keluarnya sel telur dan urine dari dalam tubuh.

Alat kelamin ikan jantan memiliki sepasang kelenjar kelamin (testis) yang menghasilkan sel sperma, kemudian sperma tersebut dialirkan keluar tubuh melalui saluran sperma (vas deferens) yang bermuara di lubang urogenital terletak di belakang anus. Keluarnya sel sperma dan sekaligus urin dari dalam tubuh.
Alat dan Cara Perkembangbiakan (Reproduksi) pada Ikan dan Katak (Fertilisasi Eksternal)
Gambar: Contoh Fertilisasi Eksternal pada Ikan

Apabila ikan betina akan bertelur biasanya menjadi tidak tenang. Kadang-kadang meloncat ke atas permukaan air dan bergerak kesana kemari mencari tempat yang ada tumbuhan pelindung atau berumput untuk tempat telur tersebut.

Pada waktu yang bersamaan saat ikan betina bertelur, ikan jantan datang kemudian mengeluarkan sperma di sekitar sel telur betina maka terjadi proses pembuahan yang berlangsung di luar tubuh (Fertilisasi eksternal).

b). Perkembangbiakan katak

Katak betina memiliki sepasang ovarium terletak di dekat ginjal. Sel telur yang telah masak akan terlepas dari ovarium melalui saluran telur (oviduk) menuju kloaka kemudian keluar dari tubuh pada saat terjadi perkawinan.
Alat dan Cara Perkembangbiakan (Reproduksi) pada Ikan dan Katak (Fertilisasi Eksternal)
Gambar: Contoh Fertilisasi Eksternal pada Katak

Katak jantan memiliki sepasang testis terletak di dekat anak ginjal. Sel sperma yang dihasilkan testis akan dikeluarkan dari dalam tubuhnya melalui saluran sperma (vas deferens) menuju ke kloaka pada saat terjadi perkawinan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat dan Cara Perkembangbiakan (Reproduksi) pada Ikan dan Katak (Fertilisasi Eksternal)"

Post a Comment