Asal-usul Sejarah Penemuan Magnet

Berikut ini merupakan pembahasan tentang asal-usul magnet atau sejarah magnet, sejarah ditemukannya magnet, sejarah penemuan magnet, sejarah kemagnetan.

Asal-usul Sejarah Ditemukannya Magnet

Konon, seorang penggembala bernama Magnes sedang menjaga binatang gembalanya di lereng gunung di Asia Kecil. Ia melihat ujung besi tongkatnya tertarik ke tanah.

Kemudian Magnes menggali sekitar tertariknya ujung tongkat besinya dan menemukan bahwa tongkat itu ditarik oleh sebuah batu. Kemudian batu tersebut diberi nama magnet.
Asal-usul Sejarah Penemuan Magnet
Gambar: Batu Magnet

Diperkirakan orang yang pertama kali menggunakan magnet ini adalah orang Cina, sekitar tahun 100 SM. Pada saat pelayaran Cina–Sumatera dalam menentukan arah, orang Cina sudah menggunakan kompas magnetik.

Selanjutnya batu magnet ini banyak diselidiki oleh Thales, seorang ahli matematika dan astronomi berkebangsaan Yunanai sekitas Tahun (640-546) SM. Batu-batu magnet ini mempunyai sifat menarik partikel-partikel besi.

Sekarang orang telah dapat membuat magnet dari besi, baja atau campuran logam lainnya. Sehingga magnet dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal-usul Sejarah Penemuan Magnet"

Post a Comment