Bagaimana Proses Terjadinya Petir, Kilat dan Guntur?

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah contoh penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi secara alami yaitu proses terjadinya petir,Cara terjadinya petir, proses terbentuknya petir, kenapa bisa terjadi petir, mengapa terjadi petir, peristiwa terjadinya petir, sebab terjadinya petir, bagaimana proses terjadinya petir, proses terjadinya kilat.

Bagaimanakah terjadinya petir itu? 

Bagaimana caranya agar petir tidak berbahaya bagi manusia?

Awan yang bergerak di angkasa bergesekan dengan udara. Gesekan tersebut menyebabkan awan bermuatan listrik. Awan seperti ini disebut halilintar.

Jika beda potensial satu awan dengan awan lain besar, memungkinkan terjadi loncatan elektron. Loncatan elektron tersebut berupa bunga api yang tampak sebagai kilatan cahaya. Kilatan cahaya inilah yang disebut petir.

Udara yang dilalui kilatan cahaya memuai dengan tiba-tiba. Pemuaian yang tiba-tiba ini menimbulkan suara yang menggelegar. Suara inilah yang disebut guntur.
Bagaimana Proses Terjadinya Petir, Kilat dan Guntur?
Gambar: Proses Terjadinya Petir

Selain itu, kadang-kadang juga terjadi loncatan elektron dari awan ke bumi melalui benda-benda tertentu seperti pohon atau gedung-gedung. Benda-benda yang dilalui elektron tersebut dikatakan tersambar petir.

Namun, jika loncatan elektron tersebut ditangkap oleh logam yang menjulang lebih tinggi daripada gedung (penangkal petir), gedung yang berada didekat logam tersebut aman (tidak tersambar petir). 

Loading...