Definisi atau Pengertian Medan Magnet dan Garis Gaya Magnet

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian medan magnet, pengertian garis gaya magnet, medan magnet, garis gaya magnet, definisi medan magnet, pengertian medan magnet bumi, pengertian kuat medan magnet.

Pengertian Medan Magnet

Paku-paku besi yang diletakkan di sekitar magnet akan ditarik oleh magnet. Kutub-kutub jarum kompas kedudukannya dapat berubah jika didekatkan pada magnet.

Gejala tertariknya paku atau berubahnya kedudukan kutub-kutub jarum kompas disebabkan oleh adanya gaya yang ditimbulkan oleh kutub magnet.

Ruangan tempat paku atau jarum kompas berada disebut medan gaya. Oleh karena gaya yang mempengaruhi paku atau magnet jarum ditimbulkan oleh magnet, maka medan gaya itu disebut medan magnet. 
Jadi, medan magnet adalah ruangan disekitar benda-benda yang bersifat magnet, sehingga masih terasa adanya gaya magnet.
Untuk lebih memahami tentang medan magnet, Anda lakukan percobaan berikut ini!

Langkah Kerja

1. Letakkan magnet batang di antara dua buah buku tebal di atas sebuah meja mendatar. Letakkan kertas folio di atas kedua buku!
Gambar: Medan Magnet

2. Taburkan serbuk-serbuk besi secara merata di atas kertas folio putih. Ketuklah kertas itu secara perlahan beberapa kali. Perhatikan pola yang dibentuk oleh serbuk-serbuk besi!

3. Garis-garis lengkung yang dibentuk oleh serbuk-serbuk besi disebut garis-garis gaya magnet. Buatlah kesimpulanmu tentang garis-garis gaya magnet yang dihasilkan oleh sebuah magnet batang!

Pengertian Garis Gaya Magnet

Pengamatan lain untuk menunjukkan adanya medan magnet dapat dilakukan dengan meletakkan beberapa kompas di sekitar magnet. Jarum-jarum kompas akan menunjukkan arah garis-garis gaya magnet pada titik-titik tertentu di sekitar magnet.
Gambar: Garis Gaya Magnet

Jadi, adanya medan magnet dapat digambarkan dengan garis-garis gaya magnet. 
Garis gaya magnet adalah garis khayal yang merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila dapat bergerak dengan bebas. 
Garis-garis gaya magnet selalu mengarah dari kutub utara ke selatan dan tidak pernah berpotongan.
Gaya tarik-menarik antara dua kutub magnet tak senama dan gaya tolakmenolak antara dua kutub yang senama digambarkan dengan garis-garis gaya magnet.

Loading...