Macam-macam Jenis Sumber Tegangan Listrik beserta Gambarnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang macam macam sumber tegangan listrik, sumber tegangan listrik, jenis jenis sumber tegangan listrik, contoh sumber tegangan listrik.

Sumber Tegangan Listril

Sumber tegangan listrik dapat digolongkan menjadi dua yaitu sebagai berikut:

  1. Sumber tegangan listrik yang menghasilkan arus bolak-balik (AC), misalnya: dinamo dan generator. Hal ini akan dibahas pada konsep induksi elektromagnetik.
  2. Sumber tegangan listrik yang menghasilkan arus searah (DC), misalnya elemen Volta, akumulator, dan elemen kering (baterai).

Ciri-ciri sumber tegangan ini adalah:

a. menghasilkan arus searah.

b. Mempunyai dua kutub, yaitu elektrode positif (anode), dan elektrode negatif (katode).

c. Di dalamnya terdapat zat kimia, baik berupa larutan ataupun pasta. Proses perubahan energinya adalah energi kimia menjadi energi listrik (elektrokimia).

Macam-macam Sumber Tegangan Listrik


1. Elemen Volta

Elemen Volta yaitu sejenis baterai kuno yang diciptakan oleh ilmuwan Italia Allesandro Volta. Elemen Volta terdiri dari tumpukan batang seng, kain yang direndam dalam larutan asam, dan batang tembaga secara bergantian. Elemen Volta mempunyai kelemahan, yaitu hanya dapat bekerja dalam waktu yang pendek sehingga tidak cocok untuk kehidupan sehari-hari.

Baca selengkapnya: Cara kerja Elemen Volta
Gambar: Elemen Volta

2. Baterai (Elemen Kering)

Susunan dasar elemen kering terdiri atas batang karbon sebagai elektroda positif (kutub positif atau anoda), pembungkus batang karbon yang terbuat dari seng sebagai elektroda negatif (kutub negatif atau katoda), larutan amonium klorida sebagai larutan elektrolit (larutan yang menghantarkan arus listrik), dan mangan dioksida bercampur serbuk karbon sebagai depolarisator, yaitu pelindung larutan elektrolit.

Baca selengkapnya: Cara Kerja Elemen kering (baterai)
Gambar: Elemen Kering

3. Akumulator

Akumulator harus diberi muatan listrik terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dengan cara melewatkan arus listrik melalui akumulator. Akumulator dapat dimuati kembali berulang kali sehingga akumulator tergolong elemen sekunder.

Baca selengkapnya: Cara Kerja Akumulator dan Cara Mengisi Akumulator
Gambar: Accumulator

Demikian pembahasan singkat tentang macam-macam jenis sumber tengan listrik dilengkapi dengan gambarnya.

Subscribe to receive free email updates: