Morfologi dan Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsinya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang bunga, yang merupakan salah satu tanda dari perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, pembahasan ini meliputi bagian bagian bunga lengkap, bagian bagian bunga sempurna,  bagian bagian bunga beserta fungsinya, bagian bagian bunga mawar, struktur bunga lengkap, morfologi bunga.

Apabila tanaman mempunyai satu bunga yang terletak pada ujung batangnya dan di dalam bunga hanya terdapat satu alat kelamin jantan (putik) atau satu alat kelamin betina (benang sari) saja disebut bunga tunggal. 

Jika tanaman mempunyai banyak bunga sebagian terdapat di dalam ketiak daun, sebagian pada ujung batang atau cabangnya dan di dalam bunga mempunyai alat kelamin jantan dan betina disebut bunga majemuk.

Untuk lebih jelasnya, apa yang disebut bunga? Ikutilah penjelasan berikut!

Bagian-Bagian Bunga Lengkap beserta Fungsinya 

Terdiri dari apakah bagian-bagian bunga itu? Bunga terdiri atas dua bagian, yaitu:
Morfologi dan Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsinya Lengkap
Gambar: Bagian-bagian Bunga

1) Perhiasan Bunga

Perhiasan bunga adalah bagian bunga yang terdiri atas kelopak dan mahkota. 
Kelopak berfungsi melindungi bunga yang masih kuncup dan sebagai penyangga bunga yang sudah mekar, sedangkan mahkota merupakan helaian yang berwarna dan berfungsi sebagai pemikat serangga.

2) Alat kelamin

Alat kelamin bunga terdiri atas benang sari dan putik.
Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang menghasilkan sel kelamin jantan dan putik merupakan alat kelamin betina yang menghasilkan sel kelamin betina.
Benang sari pada bunga yang masih kuncup, kotak sarinya masih tertutup dan kepala sarinya masih muda dan kaku. Setelah menjadi bunga sempurna dan benang sari menjadi tua, serta masak maka kotak sari menjadi terbuka sehingga serbuk sari keluar. Karena serbuk sari bersifat lengket akan mudah menempel pada putik.

Pada bagian pangkal putik berbentuk menggembung dinamakan ovarium yang berisi satu atau lebih bakal biji, dan di dalam bakal biji terdapat sel kelamin betina (ovum).

Sedangkan pada bagian ujung putik berbentuk seperti tangkai yang ujungnya lancip atau mendatar dinamakan kepala putik.

Untuk jenis bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin, maka kepala putiknya berbulu dan terentang keluar dari bunga sehingga mudah menangkap serbuk sari yang melayang-layang di udara dan terjadilah penyerbukan.

Subscribe to receive free email updates: