Pengertian, Contoh dan Ciri-ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae

Berikut ini merupakan pembahasan tentang gymnospermae dan angiospermae. Apa yang dimaksud dengan gymnospermae dan angiospermae? pengertian angiospermae, pengertian gymnospermae, contoh angiospermae, contoh gymnospermae, pengertian tumbuhan biji terbuka, pengertian tumbuhan biji tertutup, contoh tumbuhan gymnospermae, ciri ciri gymnospermae, contoh tumbuhan berbiji terbuka, ciri ciri tumbuhan berbiji, contoh tumbuhan angiospermae, pembuahan ganda pada angiospermae.

Macam-macam Tumbuhan Berbiji

Ada berapa macam tumbuhan berbiji itu? Tumbuhan berbiji ada dua macam, yaitu tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) dan tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae). Perlu diketahui bahwa tumbuhan berbiji merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan cara generatif atau seksual.

Tumbuhan Biji Tertutup (Angiospermae)

Angiospermae adalah merupakan golongan tumbuhan yang menghasikan biji yang dilindungi oleh daging buah (karpel) yang tampak dari luar mulai sejak bakal buah hingga menjadi biji. 

Contoh dan Ciri-ciri Angiospermae

Ciri-cirinya; Alat perkawinan berupa bunga yang memiliki hiasan bunga dan sistem buahnya ganda. Contohnya: tanaman jeruk keprok (Citrus nobilis) mangga (Mangifera indica) dan tomat (Licopersicum esculentum).
Pengertian, Contoh dan Ciri-ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae
Gambar: Contoh Tumbuhan Angiospermae

Tumbuhan Biji terbuka (Gymnospermae)

Gymnospermae adalah merupakan golongan tumbuhan yang menghasikan biji dalam keadaan tertutup oleh daging buah (karpel) yang tampak dari luar mulai sejak bakal buah hingga menjadi biji. 

Contoh dan Ciri-ciri Gymnospermae

Ciri-ciri; Memiliki alat kelamin berupa bunga yang berbentuk kerucut dan tidak memiliki hiasan bunga. Pada umumnya sistem pembuahannya tunggal dan pola percabangan pada poros batangnya tumbuh lurus. Contohnya: tanaman mlinjo (Gnetum gnemon) dan pakis haji (Cycas rumphii)
Pengertian, Contoh dan Ciri-ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae
Gambar: Contoh Tumbuhan Gymnospermae

Demikian pembahasan singkat, padat dan jelas tentang tumbuhan biji terbukan dan tumbuhan biji tertutup dilengkapi dengan ciri-ciri dan contohnya.

Subscribe to receive free email updates: