Pengertian dan Cara Kerja Baterai (Elemen Kering) serta Macam-macamnya

Berikut ini merupakan pembahasan tenang salah satu jenis sumber tegangan listrik yaitu elemen kering atau baterai yang pembahasannya meliputi elemen kering, pengertian elemen kering, cara kerja elemen kering, cara kerja baterai, contoh baterai, contoh elemen kering, macam macam elemen kering, macam macam baterai, kelebihan elemen kering, kelebihan baterai, kelemahan elemen kering, kelemahan baterai.

Pengertian Baterai (Elemen Kering)

Elemen kering adalah elemen yang apabila habis muatannya maka tidak dapat di beri muatan lagi. Salah satu contoh nya adalah baterai.

Bagian-bagian elemen kering

Susunan dasar elemen kering terdiri atas batang karbon sebagai elektroda positif (kutub positif atau anoda), pembungkus batang karbon yang terbuat dari seng sebagai elektroda negatif (kutub negatif atau katoda), larutan amonium klorida sebagai larutan elektrolit (larutan yang menghantarkan arus listrik), dan mangan dioksida bercampur serbuk karbon sebagai depolarisator, yaitu pelindung larutan elektrolit, perhatikanlah gambar di bawah ini.
Gambar: Elemen Kering

Dua hal penting yang perlu kamu ketahui tentang elemen kering yaitu:

  1. Elemen ini disebut elemen primer karena elemen ini tidak dapat dimuati (diisi atau disetrum) kembali jika muatannya habis, dan
  2. Beda potensial elemen 1,5 V.

Elemen kering pertama kali dibuat oleh Leclance, dan elemen kering yang dibuatnya disebut elemen Leclance. Setelah itu, barulah dibuat elemen kering jenis baru yang waktu hidupnya lebih lama. Kini baterai sebagai sumber tegangan sudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada lampu senter transistor, jam dinding, dan kalkulator.

Macam-macam Jenis Elemen Kering

Beberapa jenis baterai yang dijual di pasaran, antara lain sebagai berikut:

1) Sel Alkaline

Merupakan perkembagan utama dari baterai kering dan memiliki kapasitas yang lebih besar.

2) Sel raksa

Sel ini memiliki anode raksa oksida dan katode campuran seng raksa. Waktu hidupnya cukup lama dan memberikan tegangan yang konstan pada beban yang berbeda.

3) Sel kancing lithium

Anodenya terbuat dari mangan dioksida dan katode dari lithium. Kapasitasnya cukup besar dan waktu hidupnya lama. Banyak digunakan dalam jam, kalkulator, dan permainan game watch.

Elemen Volta dan elemen kering disebut elemen primer karena bila energi kimia sudah habis seluruhnya diubah menjadi energi listrik, tidak dapat dikembalikan lagi untuk menghasilkan energi kimia.

Jadi, elemen-elemen di atas hanya sekali pakai. Lain halnya dengan sumber tegangan yang akan dibahas, yaitu akumulator.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Baterai (Elemen Kering) serta Macam-macamnya"

Post a Comment