Pengertian dan Ciri-ciri serta Contoh Hewan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian ovipar, pengertian vivipar, pengertian ovovivipar, contoh ovipar, contoh vivipar, contoh ovovivipar, contoh hewan ovovivipar, contoh hewan ovipar, contoh hewan vivipar, contoh hewan mamalia, contoh binatang ovovivipar, jenis hewan ovovivipar, ciri ciri hewan ovipar.

Macam-macam Perkembangbiakan pada Hewan Tingkat Tinggi

Proses pembuahan yang berlangsung di dalam tubuh induk (fertilisasi internal) dapat terjadi pada hewan yang bertelur dan hewan beranak atau menyusui serta beranak sekaligus bertelur.

a). Hewan bertelur (Ovipar)

Seperti halnya burung, ayam juga melakukan pembuahan yang terjadi di dalam tubuh induknya. Hal ini dapat terjadi karena alat kelamin hewan tersebut tersusun atas bagianbagian yang memungkinkan terjadinya pembuahan di dalam.

Pada ayam betina kelenjar kelaminnya berwarna abu-abu yang terletak di atas ginjal. Tetapi hanya terdapat satu kelenjar kelamin terletak di sebelah kanan yang dapat tumbuh dan berfungsi dengan sempurna.

Sedangkan kelenjar kelamin bagian kiri tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Pada bagian ujung saluran telur tampak membesar membentuk suatu rahim (uterus), rahim berfungsi sebagai proses pembuahan, saluran tersebut juga bermuara di kloaka.

Pada ayam jantan, testis terbentuk bulatan putih merupakan kelenjar kelamin yang terletak di dekat ginjal, berjumlah dua buah. Saluran sperma letaknya yang berhimpitan dengan saluran kemih dan bermuara di kloaka.

Sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan berlangsung di dalam tubuh betina disebut pembuahan di dalam tubuh (fertilization internal).

Hasil pembuahan tersebut adalah zigot yang akan tumbuh menjadi embrio yang terbungkus oleh albumin atau putih telur serta dibungkus oleh lapisan kulit luar bercangkang keras dan dikeluarkan dari dalam tubuh disebut telur ayam.

Telur ayam tersebut tersusun atas bagian-bagian yang memungkinkan perkembangan embrio hingga siap menetas menjadi individu baru. Apa yang kamu ketahui tentang telur ayam?
Pengertian dan Ciri-ciri serta Contoh Hewan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar
Gambar: Bagian-bagian Telur

b). Hewan beranak atau menyusui (Vivipar)

Alat kelamin tikus jantan pada bagian dalamnya memiliki sepasang testis berbentuk bulat berjumlah dua yang terletak di dalam kantung pelindung yang dinamakan skrotum.

Di dalam testis tersebut diproduksi sel kelamin jantan (spermatozoa) yang dikeluarkan melalui saluran sel sperma (vas deferens).

Sedangkan pada bagian luarnya terdapat alat kelamin dinamakan penis yang berfungsi untuk memasukkan sel sperma ke dalam alat kelamin pada tikus betina.

Alat kelamin tikus betina terdapat ovarium ukurannya sangat kecil sehingga jika dilihat dengan mata biasa sulit ditemukan.

Apabila pada saat ovarium memproduksi sel telur ukurannya sekitar 0,1 mm yang terletak di sebelah kanan dan kiri ginjal. Sel telur yang telah masak mengalami ovulasi yaitu akan terlepas dari ovarium.

Sedang utama sel telur keluar menuju ke saluran telur (oviduk) berhubungan dengan dua bagian uterus yaitu uterus kiri dan kanan yang merupakan tempat pertumbuhan embrio.

Masingmasing uterus tersebut mampu menampung embrio yang jumlahnya lebih dari satu. Setiap embrio akan dihubungkan dengan dinding uterus melalui suatu jaringan yang banyak pembuluh darah disebut plasenta.

Kumpulan plasenta tersebut membentuk saluran disebut tali pusat yang berfungsi untuk menyalurkan zat-zat makanan dari dalam tubuh embrio.

Apabila embrio telah masak akan terlepas dari dinding uterus yang keluar melalui saluran vagina, sehingga lahirlah anak tikus.

Setiap jenis hewan menyusui akan memiliki masa embrio yang berbeda. Misalnya tikus masa embrio yang lebih singkat dari pada kucing, dan kucing memiliki masa embrio lebih singkat dari pada anjing.

Hal ini dapat terjadi karena semakin lama masa reproduksinya maka akan semakin lama masa embrionya. Berikut disajikan masa embrio berbagai jenis hewan menyusui (mamalia)

Hewan                Masa embrio
Tikus                  3 Minggu
Kelinci               4 Minggu
Kucing               8 Minggu
Anjing               10 Minggu
Babi                  18 Minggu
Biri-biri             21 Minggu
Sapi                   41 Minggu
Kuda                 48 Minggu
Gajah                84 Minggu
Pengertian dan Ciri-ciri serta Contoh Hewan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar
Gambar: Contoh Hewan Vivipar

Pada umunya mamalia melahirkan anaknya (vivipar). Namun ada pula yang bertelur (ovipar), misalnya pada hewan berparuh bebek (Monotremata) yang hidup di Australia.

c) Hewan bertelur dan beranak (Ovovivipar)

Reptilia berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak contoh alat kelamin perkembangbiakan tersebut dapat dijumpai seperti yang terdapat pada kadal sebagai berikut.
Pengertian dan Ciri-ciri serta Contoh Hewan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar
Gambar: Contoh Hewan Ovovivipar

Mesorchium merupakan selaput penggantung dua belah kelenjar kelamin jantan (testis) berbentuk bulat kecil yang berwarna kuning.

Pada saluran testis atau saluran sperma (vas deferens) bersatu dengan saluran ginjal. Alat kelamin terletak di tengah di antara kedua ginjal dinamakan hemipenis. Hemipenis berfungsi sebagai alat untuk memasukan sel sperma ke dalam alat kelamin betina.

Mesovarium merupakan selaput penggantung dua buah kelenjar kelamin betina (ovarium) berbentuk bulat telur berwarna putih.

Di bagian dekat ovarium terdapat suatu corong yang merupakan pelebaran saluran telur (oviduk) bersatu dengan saluran ginjal yang bermuaran di kloaka.

Setelah sel telur dibuahi oleh sel sperma jantan, sel telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuhnya tetapi tetap disimpan hingga menetas di dalam tubuhnya menjadi anak baru dikeluarkan. Cara perkembangbiakan bertelur melahirkan ini disebut ovovivipari.

Loading...