Pengertian dan Contoh Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan pembahasan tentang materi listrik statis yaitu penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, gaya listrik statis, manfaat listrik statis, makalah listrik statis, contoh soal listrik statis, pengertian listrik statis.

Pengertian Listrik Statis

Listrik statis yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ada yang terjadi secara alami, ada pula yang buatan.

Munculnya petir ketika hujan merupakan salah satu bukti keberadaan listrik statis yang muncul secara alami, tanpa ada campur tangan manusia secara langsung.

Sedangkan, listrik statis yang terjadi secara buatan di antaranya listrik yang digunakan dalam proses pengecatan mobil dan pada mesin fotokopi.
Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik.

Contoh Penerapan Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Diantara contoh penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut;

1.Pada proses terjadinya petir

Awan yang bergerak di angkasa bergesekan dengan udara. Gesekan tersebut menyebabkan awan bermuatan listrik. Awan seperti ini disebut halilintar. Jika beda potensial satu awan dengan awan lain besar, memungkinkan terjadi loncatan elektron.

Loncatan elektron tersebut berupa bunga api yang tampak sebagai kilatan cahaya. Kilatan cahaya inilah yang disebut petir. Udara yang dilalui kilatan cahaya memuai dengan tiba-tiba. Pemuaian yang tiba-tiba ini menimbulkan suara yang menggelegar. Suara inilah yang disebut guntur.

2.Pada penangkal petir

Pengertian dan Contoh Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Penangkal Petir

3.Pada proses pengecatan mobil

Pengecatan mobil dengan menggunakan penyemprotan cat elektrostatis banyak digunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Pada proses ini, butiran cat yang berupa aerosol akan bermuatan listrik ketika bergesekan dengan mulut penyemprot.

4.Pada mesin fotokopi

Selain memanfaatkan konsep listrik statis, pada mesin fotokopi juga dimanfaatkan konsep optik. Proses fotokopi ini menggunakan sifat unik dari logam selenium. Sebagai konduktor foto, selenium akan menjadi konduktor jika dikenai cahaya dan menjadi isolator jika berada dalam keadaan gelap.

5.Pada mesin listrik (generator Van de Graff)

Mesin Listrik adalah alat untuk menimbulkan muatan listrik yang besar. Salah satu contohnya adalah generator Van de Graaff, yang dasar kerjanya sama dengan cara menimbulkan muatan listrik secara gosokan.

Subscribe to receive free email updates: