Pengertian dan Fungsi Resistor (Hambatan Listrik) Dilengkapi Dengan Gambarnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang resistor atau hambatan listrik yang pembahasannya meliputi pengertian resistro, pengertian penghambat listrik, pengertian hambatan listrik, gambar resistor, gambar hambatan, fungsi resistor, fungsi hambatan.

Pengertian Hambatan Listrik (Resistor)

Komponen listrik yang khusus dibuat untuk menghasilkan hambatan listrik pada suatu rangkaian disebut penghambat atau resistor.

Jika penghambat dihubungkan pada suatu rangkaian listrik, penghambat mengurangi kuat arus listrik yang mengalir melalui rangkaian listrik tersebut.
Hambatan Listrik atau Resistor merupakan komponen elektronik yang memiliki dua kutub dan didesain untuk menahan dan mengatur tegangan listrik dan arus listrik, dengan resistansi (tahanan) tertentu dapat memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutub, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding lurus dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm.

Fungsi Hambatan Listrik (Resistor)

Dalam rangkaian-rangkaian yang rumit seperti dalam radio dan televisi, penghambat digunakan untuk menjaga kuat arus dan beda potensial pada nilai yang tertentu besarnya agar komponen-komponen listrik lainnya dalam rangkaian dapat berfungsi secara baik.

Sebuah penghambat sederhana biasanya dibuat dari kawat nikhrom yang tipis. Beberapa penghambat yang dijual di pasaran ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Pengertian dan Fungsi Resistor (Hambatan Listrik) Dilengkapi Dengan Gambarnya
Gambar: Resistor dan Simbolnya

Pada gambar itu tampak penghambat variabel tipe berputar yang digunakan sebagai pengatur volume suara radio. Penghambat variabel yaitu suatu penghambat yang nilai hambatan listriknya dapat diubah-ubah.

Tipe lain dari penghambat variabel ditunjukkan pada gambar berikut.
Pengertian dan Fungsi Resistor (Hambatan Listrik) Dilengkapi Dengan Gambarnya
Gambar: Resistor Rheostat

Penghambat variabel ini dikenal sebagai rheostat, dan digunakan untuk mengubah kuat arus listrik yang mengalir melalui rangkaian listrik.

Dengan menggeser posisi kontak luncur, panjang kumparan kawat yang dihubungkan pada rangkaian listrik berubah, dan ini mengubah nilai hambatan listrik kumparan kawat. Akibatnya, kuat arus listrik yang mengalir dari kutub ke kutub berubah.
Pengertian dan Fungsi Resistor (Hambatan Listrik) Dilengkapi Dengan Gambarnya
Gambar: Resistor Potensiometer

Pada gambar di atas ditunjukkan penghambat variabel yang memiliki tiga kutub yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembagi tegangan atau potensiometer.

Potensiometer yang dihubungkan dengan baterai dapat memberikan nilai tegangan listrik mulai dari nol samai dengan tegangan baterai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Resistor (Hambatan Listrik) Dilengkapi Dengan Gambarnya"

Post a Comment