Pengertian dan Macam-macam Contoh Proses Fertilisasi Internal dan Eksternal pada Manusia dan Hewan

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pembuahan atau fertilisasi yang meliputi pengertian fertilisasi internal, pengertian fertilisasi eksternal, contoh fertilisasi internal, contoh fertilisasi eksternal, macam macam fertilisasi, mengapa pembuahan pada manusia disebut fertilisasi internal, proses fertilisasi pada manusia, tempat terjadinya fertilisasi pada manusia, sistem reproduksi pada manusia.

Pengertian Fertilisasi Internal dan Eksternal

Perkembangbiakan hewan tingkat tinggi terjadi hanya secara generatif, yaitu spermatozoa bertemu dengan ovum yang disebut sebagai pembuahan.
Pada hewan tingkat tinggi proses pembuahan bisa terjadi di dalam tubuh induk disebut fertilisasi internal maupun pembuahan di luar tubuh induk disebut fertilisasi eksternal.

1). Fertilisasi internal

Proses pembuahan yang berlangsung di dalam tubuh induk (fertilisasi internal) dapat terjadi pada hewan yang bertelur (ovipar) dan hewan beranak (vivipar) atau menyusui serta beranak dan bertelur sekaligus (ovovivipar).

2) Fertilisasi eksternal

Fertilisasi eksternal merupakan proses pembuahan atau bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina yang terjadi di luar tubuh induknya. Pada proses pembuahan yang terjadi di luar tubuh, induk betina mengeluarkan sel telurnya ke luar tubuhnya, seperti pembuahan pada ikan dan pembuahan pada katak.

3) Perkembangbiakan dan Reproduksi pada Manusia

Reproduksi pada manusia merupakan contoh fertilisasi internal. Mengapa pembuahan pada manusia disebut fertilisasi internal?
Pembuahan (fertilisasi) pada manusia merupakan fertilisasi internal karena proses pembuahan antara sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum) terjadi di dalam ovarium (rahim) pada tubuh wanita.
Perkembangbiakan manusia merupakan perkembangbiakan secara kawin (generatif) yaitu proses peleburan atau pembuahan sel kelamin laki-laki dengan sel kelamin wanita yang diawali dengan peristiwa ovulasi yang terjadi di dalam tubuh wanita.
Pengertian dan Macam-macam Contoh Proses Fertilisasi Internal dan Eksternal pada Manusia dan Hewan
Gambar: Proses Fertilisasi Internal pada Manusia

Ovulasi adalah lepasnya sel telur yang telah masak dari ovarium. Dari proses pembuahan tersebut terbentuk zigot yang tumbuh dan berkembang menjadi embrio di dalam rahim. Masa pertumbuhan embrio di dalam rahim dinamakan masa kehamilan.

Apabila masa kelahiran telah tiba, maka otot-otot uterus berkontraksi terus menerus yang mengakibatkan terdorongnya janin keluar melalui vagina.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Proses Fertilisasi Internal dan Eksternal pada Manusia dan Hewan"

Post a Comment