Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Elektroskop Sederhana

Berikut ini merupakan pembahasan tentang elektroskop yang meliputi pengertian elektroskop, cara kerja elektroskop, prinsip kerja elektroskop, cara kerja elektroskop sederhana, jelaskan prinsip kerja elektroskop, cara memberi muatan pada elektroskop, cara membuat elektroskop sederhana, gambar elektroskop.

Pengertian Elektroskop

Bagaimana cara untuk mengetahui suatu benda itu bermuatan listrik? Untuk mengetahui muatan listrik pada suatu benda digunakan alat yang disebut elektroskop.

Baca selengkapnya; Cara membuat elektroskop sederhana

Bagian-bagian elektroskop ialah yang terlihat pada gambar di bawah ini. Dalam keadaan netral daun elektroskop (foil) mengatup.

Sebaliknya, apabila ada muatan listrik, foil akan membuka. Semakin besar muatan listriknya semakin besar membukanya.
Jadi, untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak yaitu dengan jalan menyetuhkan benda tersebut pada kepala elektroskop. Apabila foil membuka, benda yang disentuhkan bermuatan listrik.

Cara Kerja Elektroskop Sederhana

Suatu benda dapat diberi muatan dengan cara induksi. Untuk memahami hal tersebut, coba kamu lakukan percobaan berikut ini!

Langkah Kerja:

1) Gosoklah penggaris plastik dengan kain wol! Muatan apakah yang dimiliki penggaris plastik tersebut?

2) Elektroskop mula-mula netral lalu dekatkan penggaris plastik pada besi kepala elektroskop! Amati apakah daun elektroskop membuka?

3) Jauhkan penggaris plastik dari kepala elektroskop. Apakah daun elektroskop masih membuka? Mengapa demikian?
Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Elektroskop Sederhana
Gambar: (a) Elektroskop Bermuatan (b) Negatif dan (c) Positif

Pada saat penggaris plastik didekatkan pada kepala elektroskop daun elektroskop membuka. Tahukah sebabnya? Mengapa demikian?

Pada saat penggaris plastik bermuatan negatif mendekat benda netral, benda netral tersebut muatannya terurai.

Muatan positif benda mendekati muatan negatif penggaris plastik. Muatan negatif benda tertolak lari menjauhi batang ke daun elektroskop sehingga daun elektroskop membuka.

Pada saat penggaris plastik bermuatan negatif dijauhkan, daun elektroskop kembali menutup. Hal itu disebabkan muatan positif dan negatif kembali menyatu sehingga kembali netral.

Jadi, pada saat mendekatkan batang bermuatan pada benda netral, benda netral itu menjadi bermuatan. Pada elektroskop muatan berada di ujung-ujung elektroskop. Peristiwa pemberian muatan listrik pada suatu benda karena pengaruh benda bemuatan listrik disebut induksi listrik.

Pada percobaan di atas yang menginduksi adalah penggaris plastik yang bermuatan negatif. Yang diinduksi adalah logam kepala elektroskop dari netral menjadi bermuatan positif.

Loading...