Pengertian dan Rumus Daya Listrik serta Contoh Soal Daya Listrik

Berikut ini adalah pembahsan tentang daya listrik, yang meliputi pengertian daya listrik, rumus daya listrik, contoh daya listrik, contoh soal daya listrik.

Pernahkah kamu mengamati sebuah bola lampu listrik? Sering kita lihat pada bola lampu listrik tertuliskan angka, misalnya 220 V, 25 W. Apa artinya? Artinya bola lampu tersebut akan bekerja dengan baik bila dipasang pada tegangan 220 V dengan daya 25 W.

Setiap alat listrik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam mengubah energi listrik menjadi energi lain. Besarnya energi listrik yang diubah oleh alat listrik setiap sekon disebut daya.

Pengertian Daya Listrik

Daya adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Daya listrik merupakan kemampuan alat-alat listrik untuk mengubah energi listrik menjadi energi bentuk lainnya setiap sekon.
Daya listrik didefinisikan sebagai laju hantaran energi listrik dalam rangkaian listrik. Satuan SI daya listrik adalah watt yang menyatakan banyaknya tenaga listrik yang mengalir per satuan waktu (joule/detik). (Wikipedia)

Rumus Daya Listrik

Jadi, besar daya listrik dipengaruhi oleh besar energi listrik dan waktu. Jika besarnya energi listrik yang diubah itu adalah W dalam waktu (t ), maka dayanya (P) adalah:


Dimana:
P = daya listrik
W = energi listrik dalam satuan joule
t = waktu, dalam satuan sekon

Dimana:
P = daya listrik, dalam satuan watt (W)
V = beda potensial, dalam satuan volt (V)
I = kuat arus, dalam satuan ampere (A).

Dari persamaan di atas dapat artikan bahwa besarnya daya listrik ditentukan oleh besarnya kuat arus dan beda potensial yang digunakan. Karena V = IR, maka persamaan daya dapat ditulis menjadi
P = I2R

Contoh Soal Daya Listrik

1. Sebuah bola lampu terterai tertuliskan 220 V, 25 Watt, dipasang pada tegangan yang tepat selama 2 menit. Hitunglah banyaknya energi listrik yang digunakan!

Penyelesaian

Diketahui:
V = 220 Volt
P = 25 Watt
t = 2 menit = 120 sekon

Ditanya:
W = ……..?

Jawab :
P  = W/t
W = P. t
    = 25 watt. 120 sekon
    = 3000 Joule

2. Sebuah sekering dipasang pada tegangan 110 Volt menyebabkan arus mengalir 4 Ampere. Hitunglah daya sekering tersebut!

Penyelesaian

Diketahui:
V = 110 Volt
I = 4 Ampere

Ditanya:
P = …………?

Jawab:
P = V. I
   = 110 Volt. 4 A
   = 440 V. A.
   = 440 Watt

Demikian pembahasan tentang daya listrik yang meliputi pengertian daya listrik dan rumus daya listrik dilengkapi dengan contoh soal tentang daya listrik.

Loading...