Pengertian Gen, DNA dan Kromosom serta Daftar Jumlah Kromosom Makhluk Hidup

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian kromosom, pengertian gen, pengertian dna, jumlah kromosom makhluk hidup, struktur DNA, replika DNA, mutasi gen.

Pengertian Gen, Kromosom dan DNA

Pewarisan sifat atau ciri-ciri ini ditentukan oleh gen. Gen-gen ini berfungsi mengatur sifat-sifat keturunan yang diwariskan, mengatur metabolisme, dan meneruskan materi genetik kepada generasi berikutnya.

Gen bersama hormon, mineral, air, dan sinar matahari dapat membentuk karakter (sifat pembeda dengan individu lain).
Gen-gen terletak berderet-deret secara teratur di dalam kromosom. Kromosom merupakan struktur berbentuk batang yang terdapat dalam inti sel yang mengandung gen. Gen terdiri atas molekul-molekul kimiawi yang disebut Deoxyribonucleic acid (DNA). DNA mengatur aktivitas sel dan menentukan ciri-ciri hereditas.
Di dalam kromosom terdapat tapak-tapak gen (lokus) yang berfungsi menunjukkan ciri. Sebagai contoh warna bunga yang selalu sama untuk satu jenis bunga maka ciri warna bunga ini terdapat pada tapak gen (lokus).
Gen (dari bahasa Belanda: gen) adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya.
Kromosom adalah  agregat benang panjang gen yang membawa informasi hereditas (DNA) dan terbentuk dari kromatin kental.
DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) adalah asam nukleotida, biasanya dalam bentuk heliks ganda yang mengandung instruksi genetik yang menentukan perkembangan biologis dari seluruh bentuk kehidupan sel.
Setiap sel hidup berisi pasangan-pasangan kromosom, dan setiap pasangan mempunyai tapak gen bersesuaian. Setiap anggota suatu pasangan gen disebut alel.

Kromosom ini pertama kali ditemukan pada tahun 1875 dan merupakan pembawa sifat keturunan yang diwariskan kepada keturunannya. Setiap makhluk hidup mempunyai ciri khas berupa jumlah kromosom yang tetap dan spesifik.

Daftar Jumlah Kromosom Makhluk Hidup

Hal ini dapat dilihat dari tabel yang memuat jumlah kromosom dari beberapa makhluk hidup. Perhatikanlah tabel berikut ini!
Pengertian Gen, DNA dan Kromosom serta Daftar Jumlah Kromosom Makhluk Hidup
Tabel: Daftar Jumlah Kromosom Makhluk Hidup

Bentuk-bentuk Kromosom

Kromosom mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Perbedaan bentuk kromosom terjadi karena adanya perbedaan letak sentromer. Perhatikanlah gambar bentuk-bentuk kromosom di bawah ini!
Pengertian Gen, DNA dan Kromosom serta Daftar Jumlah Kromosom Makhluk Hidup
Gambar: Macam-macam Bentuk Kromosom

Kromosom dalam sel somatis (sel tubuh) makhluk hidup jumlahnya berpasangan. Pasangan kromosom ini masing-masing berasal dari induk jantan dan induk betina. Pasangan kromosom ini disebut sebagai kromosom homolog. Kromosom homolog juga disebut diploid (2n).

Namun, pada sel kelamin hanya mengandung separuh dari jumlah kromosom yang terdapat dalam sel somatis. Oleh karena itu, jumlah kromosom dalam sel kelamin ini dinamakan haploid (n).

Loading...