Pengertian Sifat Kemagnetan Benda Feromagnetik, Paramagnetik dan Diamagnetik serta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sifat kemagnetan benda yang meliputi sifat kemagnetan, pengertian ferromagnetik, pengertian diamagnetik, pengertian paramagnetik, contoh benda ferromagnetik, contoh benda diamagnetik, contoh benda paramagnetik, pengertian feromagnetik.

Magnet merupakan benda yang misterius, mengapa? Karena magnet dapat menarik atau menolak magnet lain dengan kekuatan yang tidak tampak.

Ada mitos yang menganggap bahwa orang yang memiliki magnet di dalam tubuhnya akan mempunyai kekuatan untuk mendatangkan berkah.

Ada pula yang percaya bahwa magnet mempunyai kekuatan goib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan masa kini magnet dipercaya sebagai benda yang dapat membantu menyembuhkan penyakit, namun bukan kekuatan goib melainkan sifat kemagnetan yang ditimbulkannya.

Sekarang magnet dipelajari dan digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, seperti untuk pembuatan bel listrik, motor listrik, alat pengangkut besi dan masih banyak lagi kegunaannya.

Bagaimana alat-alat tersebut bekerja? Apa peran magnet pada alat-alat tersebut? Sifat-sifat apa yang dimiliki magnet? Marilah kita ikuti pembahasan berikut ini?
Pengertian Sifat Kemagnetan Feromagnetik, Paramagnetik dan Diamagnetik serta Contoh Bendanya
Gambar: Contoh Benda yang Bekerja berdasarkan sifat kemagnetan

Sifat Kemagnetan Benda

Benda-benda di alam ini ada yang dapat ditarik oleh magnet dan ada yang tidak dapat ditarik oleh magnet.
Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnet, sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnet.
Untuk dapat mengelompokkan benda magnet dan benda nonmagnet, coba kamu lakukan penyelidikan berikut ini!
Ambilah benda-benda di sekitarmu, kemudian lakukanlah penyelidikan dengan cara mendekatkan benda-benda tersebut dengan magnet. Benda apa saja yang dapat ditarik oleh magnet dan benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?
Dari kegiatan penyelidikan di atas, tentu kamu dapat temukan bendabenda yang dapat ditarik oleh magnet seperti batang besi, paku dan baja.

Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik magnet seperti penggaris plastik, buku tulis, karet penghapus dan pensil dari kayu.

Baca selengkapnya: Asal-usul Sejarah Penemuan Magnet

Pengertian dan Contoh Benda Feromagnetik, Paramagnetik dan Diamagnetik

Benda-benda yang ditarik magnet dengan gaya yang kuat disebut bahan ferromagnetik. Contoh benda ini seperti besi, baja, nikel, kobalt atau campurannya. 
Benda-benda yang ditarik dengan gaya yang lemah oleh magnet disebut bahan paramagnetik. Contoh benda ini seperti aluminium dan platina.
Benda-benda yang ditolak oleh magnet disebut bahan diamagnetik. Contoh benda ini seperti tembaga, emas, seng, dan garam dapur.
Demikian pembahasan singkat tentang sifat-sifat kemagnetan benda, pengertian benda magnetik, benda nonmagnetik, contoh benda feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sifat Kemagnetan Benda Feromagnetik, Paramagnetik dan Diamagnetik serta Contohnya"

Post a Comment