Simbol-simbol Gen dalam Persilangan dan Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Berikut ini merupakan pembahasan tentang simbol-simbol yang berhubungan dengan ilmu genetika atau hereditas (pewarisan sifat) makhluk hidup.

Simbol-simbol Gen

Untuk memudahkan pemahaman tentang persilangan, maka digunakan simbolsimbol tertentu seperti berikut ini.

(1) P = singkatan dari parental (Latin, parens = orang tua) yang berarti induk atau generasi tetua. Dengan demikian, P1 artinya induk pertama.

(2) F = singkatan dari filial (Latin, filius = anak laki-laki) yang berarti keturunan. Jadi, F1 artinya keturunan pertama.

(3) ♀ = Adalah tanda kelamin betina.

(4)  = Adalah tanda kelamin jantan.

Biasanya, gen dilambangkan dengan huruf pertama dari suatu sifat dominan. Gen yang bersifat dominan dilambangkan dengan huruf kapital dan gen yang bersifat resesif dilambangkan dengan huruf kecil.
Simbol-simbol Gen dalam Persilangan dan Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
Gambar: Simbol-simbol Gen dalam Persilangan

Gen selalu berpasangan. Karena itu, simbol gen ditulis dengan dua huruf. Misalnya, tanaman kapri berbunga merah dominan terhadap kapri berbunga putih, maka simbolnya: MM = simbol untuk kapri berbunga merah, mm = simbol untuk kapri berbunga putih.
Simbol-simbol Gen dalam Persilangan dan Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
Tabel: Simbol-simbol dalam Persilangan

Dengan adanya simbol-simbol tersebut, maka dapat terjadi dua individu yang berfenotipe sama tetapi genotipenya berbeda. misalnya, kapri berbunga merah dapat mempunyai genotipe MM atau Mm.

Loading...