Fungsi Rangka Tubuh Manusia

Berikut ini adalah pembahasan tentang fungsi tulang, fungsi rangka, fungsi kerangka tubuh manusia, fungsi rangka manusia, manfaat rangka, manfaat tulang, kerangka tubuh manusia.

Kerangka manusia tersusun atas 206 tulangtulang yang saling berhubungan. Hubungan tulang-tulang tersebut membentuk persendian (artikulasi).

Fungsi Rangka (Tulang)

Kerangka pada manusia mempunyai beberapa dengan berbagai macamnya memiliki fungsi yang sangat penting, antara lain sebagai berikut.

1. untuk menegakkan berdirinya badan;

2. sebagai pelindung bagian yang penting seperti otak, mata, jantung, usus, dan lain-lain;

3. memberi bentuk badan;

4. sebagai tempat melekatnya otot;

5. sebagai alat gerak pasif;

6. sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih, khususnya di dalam sumsum tulang.
Gambar: Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia

Apa itu Sumsum Tulang?

Sumsum yaitu suatu zat seperti agar-agar yang menempati lubang di tengah tulang. Tugas utamanya adalah membuat sel-sel darah yang baru, karena sel-sel yang lama cepat mati dan harus diganti.

Tiap detik, lebih dari dua juta butir darah merah (eritrosit) meninggalkan sumsum memasuki aliran darah yang melalui struktur tulang. Sumsum dan tulang juga berfungsi sebagai cadangan mineral.

Jika suatu zat gizi kurang pasokannya dari makanan, zat-zat itu akan diambil dari tulang dan dikirim ke tempattempat yang lebih penting.

Demikian pembahasan tentang tentang fungsi tulang, fungsi rangka, fungsi kerangka tubuh manusia, fungsi rangka manusia, manfaat rangka, manfaat tulang, kerangka tubuh manusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Rangka Tubuh Manusia"

Post a Comment