Karaktetistik Sistem Tata Surya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sistem tata surya matahari atau sistem tata surya planet, yang terdiri dari susunan tata surya, planet anggota tata surya, planet dalam tata surya, pembentukan tata surya, planet baru dalam tata surya, urutan planet dalam tata surya,  dan rangkuman tata surya.

Pernahkah kamu duduk santai di lapangan pada malam hari yang cerah? Cobalah arahkan pandanganmu ke langit, apa yang kamu lihat? Kamu akan melihat di langit beribu-ribu bintang dengan cahayanya yang gemerlap.

Kedudukan antara satu bintang terhadap bintang yang lain tampak selalu tetap dan terletak pada satu bidang. Bintang-bintang itu memancarkan cahaya sendiri. Mengapa pada malam hari yang cerah dapat dilihat bintang-bintang di langit? Apakah pada siang hari cahaya bintang-bintang itu dikalahkan oleh cahaya matahari?

Ya, sehingga bintangbintang tidak tampak di langit. Kamu tahu bahwa matahari memancarkan cahaya sendiri, jadi matahari adalah sebuah bintang. Pada malam hari salah satu bintang yang tidak tampak adalah matahari.

Kadang-kadang terlihat benda-benda langit yang kedudukannya berpindahpindah di antara bintang yaitu planet. Planet tidak memancarkan cahaya sendiri dan tidak memantulkan cahaya.

Planet disebut juga benda langit yang beredar. Apakah karakteristik dari panet-planet tersebut? Silahkan kamu ikuti pembahasan berikut.

Karaktetistik Sistem Tata Surya

Matahari dan kedelapan planetnya dinamakan tata surya. Sampai saat ini telah diketahui dan dikenal delapan buah planet, yaitu:
1. Merkurius    5. Jupiter
2. Venus          6. Saturnus
3. Bumi           7. Uranus
4. Mars            8. Neptunus

Panet-planet tersebut semuanya beredar mengelilingi matahari, sebagaimana pada gambar di bawah.
GambarA: Susunan Planet dalam Tata Surya

Tata surya kita merupakan suatu sistem yang terdiri atas matahari sebagai pusat edar dan sembilan planet beredar mengelilinginya. Mengapa planet-planet dapat beredar mengelilingi matahari pada lintasan tertentu?

Hal ini disebabkan adanya gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik antara planet dengan matahari. Jarak planet-planet terhadap matahari seperti pada tabel di bawah ini.
Tabel: Jarak planet terhadap matahari

Planet-planet tersebut beredar mengelilingi matahari. Garis edar lintasan planet disebut orbit. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Waktu yang diperlukan oleh planet untuk melakukan sekali revolusi disebut kala revolusi.

Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan, yaitu satu tahun cahaya. Kala revolusi planet-planet dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel: Kala revolusi tiap planet

Karena planet-planet itu beredar, maka planet-planet tersebut mempunyai bidang edar. Bidang edar kesembilan planet hampir berhimpitan satu sama lain. Bidang edar planet bumi disebut ekliptika.

Pada setiap saat hanya separuh bola planet yang terkena sinar matahari. Bagian planet yang mendapat cahaya akan mengalami siang, sedangkan yang separuh lagi tidak mendapat cahaya akan mengalami malam. Demikian juga bumi mengalami pergantian siang dan malam. Hal ini menunjukan bahwa planet berputar pada sumbunya.

Perputaran planet mengelilingi sumbunya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet berputar pada sumbunya untuk satu kali rotasi disebut kala rotasi. Kala rotasi planet-planet berbeda-beda. Kala rotasi dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel: Kala rotasi tiap planet

Diantara matahari dan kesembilan planetnya ternyata mataharilah yang mempunyai massa paling besar. Perbandingan massa planet dibandingkan dengan massa bumi (massa bumi dianggap = 1) dapat kamu lihat pada tabel di bawah. Massa bumi sebenarnya 6,6 x 1024 kg.
Tabel: Massa Tiap planet

Demikian pembahasan tentang rangkuman karekteristik sistem tata surya kita yang terdiri dari susunan planet tata surya, kala rotasi dan kala revolusi setiap planet dan lain-lain.

Loading...