Macam-macam Aktivitas Matahari (Noda Matahari, Granula dan Lidah Api)

Berikut ini merupakan pembahasan tentang aktivitas matahari, aktifitas matahari, gejala matahari, gangguan matahari, pengertian noda matahari, pengertian granula, pengertian lidah api.

Macam-macam Aktivitas Matahari


a. Noda Matahari

Apakah matahari itu berotasi? Dapatkah kamu membuktikan bahwa matahari berotasi? Dengan teropong dapat terlihat binti-bintik gelap pada permukaan matahari, yang sering dinamakan noda matahari. Galileo Galilei merupakan orang yang pertama melihat noda matahari dengan menggunakan teropong.

Dengan penyelidikan lebih lanjut dinyatakan bahwa noda matahari merupakan daerah pada permukaan matahari yang suhunya 1.500 derajat Celsius lebih rendah daripada lingkungannya. Hal itu disebabkan oleh terhalangnya kepulan gas dari inti matahari akibat gangguan medan magnetik pada matahari.
Gambar: Noda Matahari

Noda matahari sering sering terlihat berkelompok, tetapi lebih sering lagi berpasangan-pasangan. Diameternya berkisar antara 800 km sampai dengan 80.000 km. banyak diameter noda matahari yang lebih besar daripada diameter bumi.
Dengan tampak dan hilangnya noda hitam pada matahari membukikan bahwa matahari berotasi pada porosnya.

b. Granula

Apakah permukaan matahari memiliki suhu yang sama? Dengan menggunakan teleskop yang dilengkapi filter, akan didapatkan bahwa di permukaan matahar terjadi gumpalan gas yang disebut granula.
Granula itu terjadi diperkirakan karena adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara daerah panas dan daerah dingin di permukaan matahari.
Gumpalan itu memiliki garis tengah ratusan kilometer dan bertahan hanya beberapa menit. Seolah-olah gumpalan itu berjalan. Pengaruh granula di bumi adalah terjadinya gangguan terhadap perubahan cuaca di bumi.

c. Lidah Api

Dari permukaan matahari kadang menjulur lidah api yang sangat terang dan tingginya dapat mencapai ribuan kilometer. Apakah lidah api itu?
Lidah api yaitu massa yang memijar dan muncul di sekitar noda matahari.
Lidah api terdiri atas proton dan elektron dari atom hidrogen. Kecepatannya mencapai ribuan km/sekon dan menuju ke segala arah. Lidah api yang menjulur dari permukaan matahari disebut prominensa.

Loading...