Pengertian Metagenesis dan Contoh Metagenesis Pada Tumbuhan Lumut dan Paku

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan yaitu metagenesis yang meliputi pengertian metagenesis, contoh metagenesis, metagenesis pada tumbuhan lumut, metagenesis pada tumbuhan paku, bagan metagenesis tumbuhan lumut, bagan metagenesis tumbuhan paku.

Pengertian Metagenesis

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan melalui tahapan-tahapan, mulai dari satu sel sampai menjadi organisme.
Metagenesis adalah pergantian keturunan, yang biasanya terjadi pada tumbuhan yang berspora, di mana generasi yang berreproduksi secara seksual diganti dengan generasi yang berreproduksi secara aseuksual.
Tumbuhan yang mengalami metagenesis yang dapat diamati dengan jelas ialah pada tumbuhan lumut dan paku. 
Lumut dan paku sama-sama memiliki generasi seksual yang disebut generasi gametofit dan generasi aseksual yang disebut generasi sporofit pada tumbuhan lumut.

Lumut yang kita lihat sehari-hari merupakan generasi seksual (generatif) yang disebut gametofir, sedang generasi sporofitnya kecil, yang masih menumpang pada generasi gametofitnya.

Sebaliknya tumbuhan paku, yang sering kita lihat adalah generasi sporofitnya, sedang generasi gametofitnya yaitu protalium yang kecil.

Pergiliran keturunan pada tumbuhan paku dapat dibuat skema seperti berikut ini.
Skema atau Bagan Metagenesis pada Tumbuhan Paku

Semua makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tumbuh dan berkembang. Tumbuh ialah bertambahnya ukuran tubuhnya, baik panjang/tinggi maupun beratnya.

Makhluk hidup yang mengalami pertumbuhan ukuran tubuhnya tidak bisa kembali ke ukuran semula. Jadi, pertumbuhan bersifat irreversible. Perkembangan makhluk hidup merupakan proses menuju kedewasaan atau kematangan seluruh organ tubuh.

Loading...