Pengertian Metamorfosis dan Macam-macamnya (Ametabola, Hemimetabola dan Holometabola)

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup yaitu metamorfosis yang meliputi pengertian metamorfosis, macam macam metamorfosis, ametabola, hemimetabola, holometabola, metamorfosis kupu-kupu, metamorfosis sempurna, metamorfosis katak, metamorfosis tidak sempurna, metamorfosis belalang, metamorfosis nyamuk, metamorfosis lalat.

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan melalui tahapan-tahapan, mulai dari satu sel sampai menjadi organisme.

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk baik struktur maupun fungsi organorgan tubuh makhluk hidup. 
Metamorfosis biasanya terjadi pada hewan. Seperti pada serangga dan katak. Cobalah kamu amati telur kupu-kupu yang menempel pada daun?

Jika telur kupu-kupu tersebut menetas akan menjadi larva, larva memakan daun-daun dan akhirnya tumbuh menjadi besar.

Pada saat-saat selanjutnya larva tersebut akan mulai membuat dinding yang melindungi tubuhnya dan berubah menjadi kepompong atau pupa.

Setelah selesai mengalami proses perkembangan, individu akan keluar dari kepompong dan telah berubah menjadi kupu-kupu dengan sayap yang indah warnanya. Secara singkat perkembangan telur menjadi dewasa pada kupu-kupu dapat dibuat skema sebagai berikut.
Gambar: Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu

Macam-macam Metamorfosis pada Serangga

Metamorfosis pada serangga dapat dibedakan menjadi tiga macam:

a. Ametabola

Ametabola adalah golongan serangga yang tidak mengalami metamorfosis, misalnya kutu buku. 
Setelah telur menetas, serangga menjadi hewan kecil kemudian berkembang menjadi dewasa yang tidak mengalami perubahan bentuk hanya terjadi perubahan ukuran.

b. Hemimetabola

Hemimetabola adalah kelompok serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, misalnya belalang, laron, dan capung. 
Serangga ini hanya mengalami tiga tahap perkembangan yaitu telur, larva (nimpa), dan imago, jadi tidak melalui pupa (kepompong).
Gambar: Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna pada Capung

c. Holometabola

Holometabola adalah kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, misalnya kupukupu, lalat, dan nyamuk. 
Serangga ini mengalami empat tahap perkembangan yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan imago.
Gambar: Contoh Metamorfosis Sempurna pada Kumbang

Selain pada serangga hewan bertulang belakang ada yang mengalami metamorfosis misalnya katak. Katak mengalami metamorfosis dalam siklus hidupnya. Perhatikan Gambar di bawah ini.
Gambar: Contoh Metamorfosis Sempurna pada Katak

Telur-telur yang berada di dalam air dan terbungkus oleh cairan lendir, berkembang menjadi larva. Larva katak memiliki suatu alat isap untuk menempel pada rumput air, insang luar, dan suatu gigi parut untuk memarut lapisan bawah daun rumput air.

Insang luar kemudian berangsur-angsur hilang lalu muncul insang dalam. Akhirnya, kaki depannya pun tumbuh sedangkan ekornya secara berangsur-angsur menyusut dan menghilang, terbentuklah katak dewasa.

Katak dewasa sudah tidak berekor lagi dan makannya juga mengalami perubahan. Katak dewasa merupakan pemangsa (pemakan hewani), juga alat pernapasannya berubah dari insang menjadi paru-paru.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Metamorfosis dan Macam-macamnya (Ametabola, Hemimetabola dan Holometabola)"