Pengertian Pubertas, Masa dan Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia yaitu pubertas yang meliputi pengertian pubertas, ciri ciri pubertas, ciri ciri pubertas pada laki laki, ciri ciri pubertas pada perempuan, masa pubertas perempuan, masa pubertas laki-laki, tanda tanda pubertas pada wanita.

Pengertian Pubertas

Apakah yang dimaksud dengan pubertas?
Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. (Wikipedia)

Masa Pubertas

Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. (Wikipedia)
Masa ini merupakan masa yang sangat labil, mudah terpengaruh, dan serba ingin tahu, untuk itu membutuhkan pengawasan dari orang tua, sebab organ-organ tubuhnya mulai berfungsi, seperti organ kelaminnya mulai memproduksi sel-sel kelamin.

Pada perempuan kelenjar susu mulai membesar, pinggul mulai membesar, dan tumbuhnya rambut di sekitar alat kelamin. Begitu juga pada anak laki-laki, suara lebih besar, lebih tegap, dan tumbuhnya rambut di sekitar alat kelaminnya. Inilah yang disebut sifat kelamin sekunder.
Pubertas

Ciri-ciri Pubertas

Masa-masa remaja adalah kelanjutan dari masa anak-anak, pada masa ini terjadilah perubahan fisik, tingkah laku yang sangat menonjol, pada masa ini anak mulai belajar mengembangkan kemampuan, yang kadang-kadang dilakukan di luar kesadarannya, rasa ingin tahu yang sangat besar, sehingga segala tindakannya kadang-kadang di luar batas tanpa berpikir akibatnya.

Semua ini karena pengaruh-pengaruh seperti aktivitas hormon pituitari.
Perubahan fisik yang menyolok seperti pada perempuan payudara mulai membesar, pinggul mulai membesar, suara mulai halus, mengalami menstruasi, tumbuhnya rambut di sekitar alat kelamin. 
Begitu juga pada laki-laki suara lebih besar, mengalami keluarnya sperma, tumbuhnya rambut di sekitar alat kelamin, pada masa ini anak mulai disebut masa pubertas. 
Masa pubertas pada laki-laki datangnya lebih terlambat dibanding perempuan.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Pubertas, Masa dan Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pubertas, Masa dan Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan"

Post a Comment