Susunan Struktur Lapisan Matahari dan Bagian-bagiannya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang struktur matahari, lapisan matahari, bagian bagian matahari, susunan matahari, lapisan lapisan matahari.

Struktur Lapisan Matahari

Bagaimanakah susunan lapisan matahari itu? Apakah suhu matahari bagian dalam sampai di permukaannya sama? Matahari yang kelihatan bulat apabila diamati dari bumi terdiri atas empat lapisan yaitu: inti, fotosfer, kromosfer, dan korona.

a. Inti

Inti yaitu bagian paling dalam dari bola matahari. Inti diperkirakan memiliki suhu 15 juta K. Dalam inti inilah proses rekasi fusi berlangsung.
Gambar: Susunan Lapisan Matahari

b. Fotosfer

Fotosfer merupakan lapisan cahaya. Lapisan itulah yang dapat diamati dari bumi berwarna putih mengkilat menyilaukan. Lapisan itu tidak terlalu tebal.

Fotosfer diperkirakan memiliki suhu bagian dalam 6.000 K. Apabila lapisan fotosfer diamati dengan teleskop berbentuk butiran-butiran kecil. Butiran itu merupakan massa dari bintik-bintik panas pada matahari.

c. Kromosfer

Kromosfer yaitu lapisan yang berada di atas fotosfer. Lapisan itu disebut atmosfer matahari. Atmosfer matahari dikelompokkan menjadi dua. Bagian dalam yang dekat dengan fotosfer disebut kromosfer atau bola warna.

Pada kromosfer terlihat seperti cincin kecil yang menyala dengan sinar merah kuat. Kromosfer memiliki suhu lebih dari 10.000 K. Bagian luar disebut korona atau mahkota matahari.

d. Korona

Korona yaitu lapisan yang berada di atas atmosfer atau atmosfer matahari bagian luar. Korona memiliki suhu jauh lebih panas daripada kromosfer. Diperkirakan suhu korona mencapai 2.000.000 K. Korona dapat teramati pada saat terjadi gerhana matahari total.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Susunan Struktur Lapisan Matahari dan Bagian-bagiannya"

Post a Comment