Volume Udara Pernapasan dalam Paru-paru

Berikut ini adalah pembahasan tentang volume paru paru, volume udara pernapasan dalam paru-paru.

Volume udara pernapasan

Pada saat istirahat, kita melakukan pernapasan biasa sehingga udara yang diambil dan dikeluarkan hanya sekitar 0,5 liter. Tetapi jika kita menarik napas sekuat tenaga, udara yang masuk lebih kurang 4 liter dan jika kita embuskan napas kuat-kuat, udara yang keluar juga lebih kurang 4 liter.

Udara yang diisap dan yang dikeluarkan sebanyak 4 liter tersebut dinamakan kapasitas vital paru-paru. Di dalam paru-paru udara masih tetap tinggal 1 liter.

Udara yang tetap tertinggal dalam paru-paru disebut udara residu. Jika kapasitas vital paru-paru 4 liter dan udara reside 1 liter, maka kapasitas total paru-paru lebih kurang 5 liter.

Berdasarkan volume pernapasan tersebut, kita mengenal empat macam udara di dalam paru-paru, yaitu udara pernapasan, udara komplementer, udara cadangan, dan udara residu.
Udara pernapasan adalah udara yang masuk dan keluar selama pernapasan biasa (pada saat istirahat/tidur) sebanyak 0,5 liter. 
Udara komplementer adalah udara sebanyak 1 liter yang tidak diembuskan, yang selalu tetap ada dan mengisi alat pernapasan. 
Udara cadangan adalah udara sebanyak lebih kurang 2 liter yang dapat kita embuskan lagi setelah mengembuskan napas pada pernapasan biasa.
Pengertian serta Mekanisme Proses Pernapasan Dada dan Pernapsan Perut pada Manusia
Tabel: Volume udara dalam paru-paru
Pengertian serta Mekanisme Proses Pernapasan Dada dan Pernapsan Perut pada Manusia
Tabel: Perbandingan jumlah udara luar, sebelum dan sesudah pernapasan berlangsung
Demikian pembahasan tentang volume paru paru, volume udara pernapasan dalam paru-paru.

Loading...