Definisi atau Pengertian Fotosintesis, Reaksi Kimia Fotosintesis, Reaksi Gelap dan Reaksi Terang Fotosintesis serta Tempat Terjadinya Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang fotosintesis yang meliputi pengertian fotosintesis, reaksi kimia fotosintesis, reaksi gelap dan reaksi terang pada fotosintesis, Bagian Daun yang Berperan dalam Fotosintesis, reaksi fotosintesis, reksi gelap, reaksi terang, proses fotosintesis pada tumbuhan, reaksi gelap fotosintesis, reaksi terang fotosintesis, reaksi terang dan reaksi gelap, definisi fotosintesis, proses terjadinya fotosintesis, tempat terjadinya fotosintesis, persamaan reaksi fotosintesis, mekanisme fotosintesis, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fotosintesis.

Setiap tumbuhan yang berklorofil pasti melakukan proses fotosintesis. Hasil fotosintesis dipergunakan untuk aktivitas hidupnya, sisanya disimpan di dalam akar, batang, daun, maupun buah.

Hewan dan manusia sangat tergantung pada hasil fotosintesis tumbuhan tersebut. Coba, kamu bayangkan bagaimana kelangsungan hidup hewan dan manusia jika tumbuhan tidak ada.

Untuk melaksanakan fotosintesis, tumbuhan membutuhkan gas karbondioksida (CO2) yang ada di udara, dan air (H2O) yang ada di dalam tanah. Dengan bantuan sinar matahari, kedua zat tersebut diubah menjadi gula yang nantinya akan dimanfaatkan oleh hewan, tumbuhan, dan manusia.

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis adalah mengolah bahan sederhana menjadi bahan yang lebih kompleks dengan bantuan sinar matahari. Bahan sederhana tersebut adalah air dan gas karbon dioksida.

Reaksi Kimia Fotosintesis

Proses reaksi fotosintesis di dalam daun dapat ditulis sebagai berikut.
Reaksi Kimia Fotosintesis
Bagan: Reaksi Kimia Fotosintesis
Proses Fotosintesis pada Daun
Gambar: Proses Fotosintesis pada Daun

Reaksi Gelap dan Reaksi Terang Fotosintesis

Fotosintesis terjadi dalam dua rangkaian reaksi kimia yang berurutan. Pada rangkaian reaksi pertama, dikenal sebagai reaksi terang. Reaksi ini membutuhkan cahaya matahari.

Pada reaksi terang, klorofil menangkap dan menyerap cahaya matahari dan menyimpan energi matahari. Di sini terjadi pemecahan molekul air menjadi hidrogen dan oksigen.

Sedang pada reaksi gelap tidak membutuhkan cahaya matahari. Pada reaksi gelap terjadi penggabungan antara gas karbondioksida (CO2) yang diambil dari udara dengan hidrogen hasil pemecahan molekul air dengan bantuan energi yang telah disimpan dari hasil reaksi terang, untuk dijadikan glukosa dan menghasilkan oksigen (O2) yang nanti dilepas di udara.
Jadi hasil reaksi terang adalah oksigen dan hidrogen, sedang pada reaksi gelap dihasilkan gula (C6HnO6) dan oksigen.
Reaksi Gelap dan Reaksi Terang Fotosintesis pada Tumbuhan
Gambar: Reaksi Gelap dan Reaksi Terang Fotosintesis pada Tumbuhan

Hasil fotosintesis berupa gula yang kemudian akan diangkut melalui floem ke seluruh bagian tumbuhan, dan sisanya diubah dalam bentuk amilum, protein, dan lemak sebagai cadangan makanan disimpan pada batang, akar, dan daun.

Tempat Terjadinya Proses Fotosintesis

Daun yang mengandung kloroplas berperan untuk proses fotosintesis. Jaringan-jaringan pada daun yang banyak mengandung klorofil, yaitu palisade parenkim (jaringan pagar).
Bagian Daun yang Berperan dalam Fotosintesis
Gambar: Bagian Daun yang Berperan dalam Fotosintesis
Oleh karena itu, bagian palisade parenkim berperan penting di dalam fotosintesis, karena memiliki jumlah klorofil paling banyak. Jaringan spons juga memiliki klorofil tetapi tidak sebanyak pada palisade parenkim.

Jaringan spons parenkim dan palisade parenkim merupakan daerah mesofil. Jadi, daerah mesofil berperan penting dalam fotosintesis.

Baca selengkapnya: Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis

Loading...