Macam-macam Struktur Anatomi Bagian-bagian Bunga dan Fungsi Bunga pada Tumbuhan Lengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu organ penting pada tumbuhan yaitu bunga yang pembahasannya meliputi struktur bunga, struktur anatomi bunga, fungsi bunga, anatomi bunga, mahkota bunga, bunga sempurna, bagian bunga, bunga lengkap, fungsi mahkota bunga, manfaat bunga, bunga tidak sempurna, morfologi bunga, macam macam bunga.

Struktur dan Fungsi Bunga

Bunga adalah alat untuk berkembang biak dari semua tumbuhan. Bagi kelompok Angiospermae, tumbuhan yang sudah dewasa akan membuat bunga, tetapi ada tumbuhan yang tidak membuat bunga, misalnya kelompok Gymnospermae (tumbuhan paku, dan tumbuhan lumut).

Di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi yaitu benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina), tetapi ada juga bunga yang hanya memiliki putik saja disebut bunga betina, sedangkan yang hanya memiliki benang sari saja disebut bunga jantan. Bunga yang memiliki keduanya disebut hermaprodit.

Bagian-bagian bunga tersusun dalam cincin pada ujung tangkai bunga. Bagian ini memiliki bermacam-macam bentuk dan ukuran, tetapi semuanya memiliki fungsi yang sama. Bunga sempurna mempunyai empat bagian utama yaitu kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.

Struktur anatomi bagian-bagian bunga

Bagian-bagian Bunga Lengkap
Gambar: Bagian-bagian Bunga Lengkap

a. Kelopak bunga (kalik)

Merupakan bagian bunga yang terletak pada dasar bunga. Kelopak bunga seringkali berwarna hijau dan tampak seperti daun kecil. Kelopak bunga membungkus dan melindungi bunga pada saat kuncup. Pada saat bunga tersebut mekar kelopak bunga biasanya terletak dekat tangkai bunga.

b. Mahkota bunga (korola)

Sebagian besar bunga memiliki mahkota bunga. Setiap mahkota bunga mempunyai bau yang khas dan warna-warna yang menarik. Hal tersebut bertujuan untuk menarik serangga agar mengambil madu dan memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain. Mahkota bunga sering disebut perhiasan bunga.

c. Putik (stilus)

Putik adalah alat kelamin betina dari sebuah bunga. Tiap putik memiliki pangkal yang menggelembung disebut bakal buah (ovarium), berisi satu atau lebih bakal biji (ovum).

Bakal biji ini mengandung sel kelamin betina dari tumbuhan tersebut. Pada ujung bagian yang menggelembung terdapat kepala putik (stigma) yang mempunyai tempat penempelan serbuk sari.

d. Benang sari (stamen)

Benang sari adalah alat kelamin jantan dari sebuah bunga. Tiap benang sari terdiri atas sebuah tangkai sari (filamentum) dan sepasang kepala sari sebagai tempat sepasang kantong sari.

Kantong sari adalah kantong berbentuk seperti sosis yang berisi serbuk sari. Serbuk sari mengandung sel kelamin jantan dari tumbuhan tersebut.

Fungsi bunga

Bunga bukan hanya indah dipandang, melainkan juga mempunyai tugas yang penting bagi tumbuhan itu sendiri. Fungsi bunga antara lain sebagai alat berkembang biak, untuk perhiasan, dan untuk menarik serangga agar membantu proses penyerbukan.
Demikian pembahasan lengkap tentang bunga yang meliputi struktur anatomi bagian-bagian bunga dilengkapi dengan fungsi bunga.

Loading...