Mekanisme Cara Kerja Jantung Manusia Secara Singkat

Berikut ini adalah pembahasan tentang jantung yaitu cara kerja jantung, mekanisme kerja jantung, prinsip kerja jantung, urutan kerja jantung, cara kerja jantung secara singkat, cara kerja jantung manusia, cara kerja jantung memompa darah, bagaimana cara kerja jantung.

Cara kerja jantung

Jantung dapat mengembang dan menguncup. Hal ini terjadi karena adanya otot-otot jantung yang mengendor dan berkontraksi (berkerut). Gerakan jantung ini dinamakan denyut jantung.
Denyut jantung yang terjadi pada saat kita beristirahat adalah sekitar 75 kali setiap menit sedangkan pada saat kita melakukan kegiatan denyut jantung dapat mencapai kira-kira 140 kali setiap menit. 
Adapun proses timbulnya denyut jantung adalah sebagai berikut.

1) Apabila serambi dan bilik mengembang, maka darah dari tubuh bagian atas, bagian bawah, dan dari paru-paru akan mengalir ke serambi.

Peredaran darah dari tubuh atas menuju ke serambi kanan terjadi melalui pembuluh balik besar atas, sedangkan darah dari tubuh bagian bawah menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik besar bawah (banyak mengandung CO2).

Darah dari paru-paru kanan dan kiri menuju ke serambi kiri melalui pembuluh nadi paru-paru (banyak mengandung O2).

2) Serambi menguncup atau berkontraksi sehingga klep antara serambi dan bilik membuka.

Darah dari serambi kiri masuk ke bilik kiri dan darah dari serambi kanan masuk ke bilik kanan.
Mekanisme Cara Kerja Jantung Manusia Secara Singkat
Skema: Aliran darah pada jantung

3) Bilik menguncup (berkontraksi) sehingga klep antara serambi dan bilik menutup kembali.

Darah dari bilik kanan dipompa menuju ke paru-paru untuk dibersihkan dan darah dari bilik kiri dipompa menuju ke seluruh tubuh melalui aorta.

Denyut jatung dapat dirasakan dengan cara meraba pembuluh nadi (arteri) yang terdapat pada pergelangan tangan kita karena denyut nadi ini sama dengan denyut jantung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mekanisme Cara Kerja Jantung Manusia Secara Singkat"

Post a Comment