Pengertian dan Contoh Gerak Taksis serta Macam-macam Gerak Taksis pada Tumbuhan

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu jenis gerak esionom pada tumbuhan yaitu gerak nasti yang meliputi pengertian gerak taksis, macam macam gerak taksis, contoh gerak taksis, jenis jenis gerak taksis, macam macam gerak pada tumbuhan.

Pengertian Gerak Taksis

Apakah yang dimaksud dengan gerak taksis?
Gerak taksis adalah gerak yang dipengaruhi rangsang luar dan seluruh bagian tumbuhannya pindah tempat dan dipengaruhi oleh beberapa macam perantara. Gerak Taksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena adanya rangsang dari luar. 

Macam-macam Gerak Taksis

Berdasarkan rangsang penyebab, taksis dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

a. Fototaksis 

Fototaksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena rangsang cahaya. Contoh: gerak Euglen yang selalu mendekati cahaya.
Euglena selalu mendekati rangsang cahaya
Gambar: Euglena selalu mendekati rangsang cahaya

b. Kemotaksis 

Kemotaksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena rangsang zat kimia. Contoh: gerak spermatozoid ke arkegonium pada tumbuhan lumut.
Gerak spermatozoid ke arkegonium pada tumbuhan lumut
Gambar: Gerak spermatozoid ke arkegonium pada tumbuhan lumut

Gambar di atas menunjukkan gerak spermatozoid ke arkegonium. Tumbuhan lumut yang sudah membuat alat reproduksi jantan (anteridium) dan alat kelamin betina (arkegonium).

Anteridium yang sudah masak akan mengeluarkan spermatozoid, dan arkegonium akan membuat saluran dan mengeluarkan zat gula (zat kimia), sehingga spermatozoid tertarik oleh adanya rangsang gula (zat kimia) dan menuju arkegonium untuk proses perkawinan.

Subscribe to receive free email updates: