Pengertian dan Fungsi Plasma Darah

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu bagian dari darah yaitu plasma darah yang meliputi pengertian plasma darah, fungsi plasma darah, manfaat plasma darah, bentuk plasma darah.

Pengertian Plasma Darah

Sebelum masuk lebih jauh tentang plasma darah, sebelumnya kita telah membahas tentang sel-sel darah yang meliputi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang plasma darah, apa yang dimaksud dengan plasma darah? Apa pengertian plasma darah?
Plasma darah adalah bagian darah yang berbentuk cairan berwarna jernih kekuning-kuningan atau darah yang telah dihilangkan sel-sel darahnya. 
Plasma darah terdiri dari 90% air dan 10% zat-zat yang terlarut. Zat-zat yang terlarut dalam plasma darah yaitu sari-sari makanan, zat-zat sisa oksidasi, enzim, hormon, protein, dan garam-garam mineral.

Fungsi Plasma Darah

Protein dalam plasma darah terdiri atas fibrinogen, globulin, dan albumin. Molekul-molekul protein ini cukup besar sehingga tidak dapat menembus dinding kapiler.

Albumin berperan dalam mengatur tekanan darah, sedangkan fibrinogen diperlukan dalam proses pembekuan darah. Garam-garam kalsium juga bermanfaat untuk mempercepat proses pembekuan darah.

Pengertian dan Fungsi Plasma Darah

Sel-sel darah dan protein-protein darah dalam larutan darah dapat diendapkan dengan menggunakan alat pemusing atau sentrifuse, sehingga didapatkan cairan sisa di lapisan atasnya yang berwarna jernih dan mengandung zat antibodi (zat pelawan kuman).

Serum sebagai antibodi dapat dibedakan atas: presipitin, yang dapat menggumpalkan antigen: lisin, yang dapat menguraikan protein asing; dan antitoksin, yang dapat menawarkan racun.

Demikian pembahasan tentang plasma darah yang meliputi pengertian plasma darah, fungsi plasma darah, manfaat plasma darah, bentuk plasma darah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Plasma Darah"

Post a Comment