Pengertian dan Macam-macam Gerak pada Tumbuhan (Gerak Esionom dan Gerak Endonom) beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang gerak pada tumbuhan yang meliputi pengertian gerak esionom, macam macam gerak esionom, pengertian gerak endonom, pengertian gerak spontan, pengertian gerak otonom, macam macam gerak pada tumbuhan, gerak endonom, contoh gerak pada tumbuhan.

Tumbuhan juga melakukan gerak, tetapi gerak yang dilakukan tumbuhan tidak seperti hewan dan manusia. Gerakan pada tumbuhan sangat terbatas, biasanya gerakannya tidak berpindah tempat (kecuali yang bersel satu). Bagaimana cara kita membuktikan bahwa tumbuhan juga melakukan gerak?

Gerakan yang dilakukan hanya dilakukan oleh bagian tertentu, misalnya bagian ujung tunas, ujung akar, atau bagian lembar daun tertentu kecuali tumbuhan bersel satu.

Gerakan tumbuhan dapat diamati dengan adanya pertumbuhan tanaman yang menuju atau ke arah tertentu.

Sebagai contoh jika kita menancapkan sebatang kayu atau ranting di dekat tanaman mentimun atau tanaman lain yang merambat, maka selang beberapa waktu ranting kayu tersebut telah dibelit oleh tanaman mentimun atau tanaman yang merambat lainnya.

Demikian pula akar-akar yang menembus tanah menuju ke tempat yang lembap atau berair. Peristiwa tersebut merupakan contoh bahwa tumbuhan bergerak.

Jadi, gerakan tumbuhan terjadi karena adanya proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang atau iritabilita yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut.

Macam-macam Gerak Pada Tumbuhan

Bagaimana terjadinya iritabilita pada tumbuhan? 

Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki kepekaan terhadap rangsang tertentu. Untuk menanggapi rangsangan tersebut tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju ke arah rangsang, menjauhi rangsang, atau hanya sekedar melakukan gerak tanpa menunjukkan ke arah tertentu.

Gerak pada tumbuhan yang tergolong iritabilita dibedakan menjadi tiga, yaitu tropisme, taksis, dan nasti. Gerakan ini karena pengaruh rangsang dari luar yang disebut gerak esionom.

1. Gerak Esionom

Gerak esinom adalah gerakan pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan tersebut. 
Faktor penyebab gerakan etionom bisa berasal dari faktor rangsang sentuhan, air, cahaya, temperatur/suhu, zat kimia, gravitasi, dan lain sebagainya.

Gerak pada tumbuhan yang termasuk gerak esionom (gerak etionom) ada tiga macam, yaitu sebagai
berikut.

2. Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsang yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Gerak endonom disebut juga gerak otonom atau gerak spontan. 
Pecahnya buah polong-polongan merupakan gerak endonom
Gambar: Pecahnya buah polong-polongan merupakan gerak endonom

Contohnya, gerak kloroplas dalam sel tumbuhan Hydrilla verticillata, pecahnya buah polongpolongan, membukanya kotak-kotak sporangium tumbuhan paku.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Gerak pada Tumbuhan (Gerak Esionom dan Gerak Endonom) beserta Contohnya"

Post a Comment