Pengertian dan Macam-macam Jenis Golongan Darah serta Sifat-sifat Golongan Darah A, AB, B dan O

Berikut ini merpakan pembahasan tentang golongan darah yang meliputi pengertian golongan darah, macam macam golongan darah, pengertian golongan darah 0, pengertian golongan darah ab, pengertian golongan darah b, pengertian golongan darah a, sifat golongan darah o, sifat golongan darah ab, sifat golongan darah a, jenis jenis golongan darah, contoh golongan darah.

Sebelum dunia kedokteran mengalami kemajuan seperti sekarang ini, jika seseorang menderita kekurangan darah akibat kecelakaan atau sakit, kemudian memerlukan penambahan darah (tranfusi), maka dapat dengan cepat ditambahkan darah yang ada.

Dengan penambahan darah ini, ternyata orang tersebut tidak dapat bertahan hidup lebih lama. Setelah beberapa bulan, orang tersebut meninggal. Kemudian timbul pertanyaan, apakah darah yang diberikan kepada penderita tersebut tidak cocok?

Pengertian Golongan Darah

Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah.
Pada tahun 1900, seorang dokter dari Wina (Austria) bernama Dr. Karl Landsteiner mengadakan pengamatan dan penelitian terhadap darah manusia dengan melakukan percobaan-percobaan.

Dari percobaan-percobaan tersebut, akhirnya beliau menemukan perbedaan-perbedaan yang terdapat pada darah.

Macam-macam Jenis Golongan Darah

Berdasarkan perbedaan tersebut, Landstainer menggolongkan darah menjadi empat macam yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Pembagian golongan darah dilakukan berdasarkan ada tidaknya antigen dan antibodi yang terkandung dalam darah manusia.

a. Golongan darah A

Golongan darah A berarti di dalam sel-sel darahnya mengandung aglutinogen A dan dalam plasma darahnya mengandung aglutinin b, rumus (A,b)

b. Golongan darah B

Golongan darah B berarti di dalam sel-sel darahnya mengandung aglutinogen B dan dalam plasma darahnya mengandung aglutinin a, rumus (B,a)

c. Golongan darah AB

Golongan darah AB berarti dalam sel-sel darah mengandung aglutinogenA dan B, di dalam plasma darahnya tidak mengandung aglutinin a dan b, rumus (AB, --)

d. Golongan darah O

Golongan darah O berarti di dalam sel-sel darahnya tidak mengandung aglutinogen baik A maupun B. Di dalam plasma darahnya mengandung aglutinin a dan b, rumus (--, ab)
Pengertian dan Macam-macam Jenis Golongan Darah serta Sifat-sifat Golongan Darah A, AB, B dan O
Tabel: Gongongan Darah Manusia

Demikian pembahasan tentang pengertian golongan darah, macam macam golongan darah, pengertian golongan darah 0, pengertian golongan darah ab, pengertian golongan darah b, pengertian golongan darah a, sifat golongan darah o, sifat golongan darah ab, sifat golongan darah a, jenis jenis golongan darah, contoh golongan darah.

Subscribe to receive free email updates: