Pengertian Jantung, Letak Jantung dan Struktur Anatomi Bagian-bagian Jantung

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian jantung, letak jantung manusia, bagian bagian jantung, anatomi jantung, anatomi jantung manusia, struktur jantung, anatomi fisiologi jantung, struktur jantung manusia.

Pengertian Jantung

Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.


Letak dan Ukuran Jantung

Jantung merapakan salah satu alat peredaran darah manusia yang sangat penting, alat peredaran darah lainnya yaitu pembuluh darah yang terdiri dari pembuluh darah nadi, pembuluh darah vena dan pembuluh kapiler.
Jantung terletak di dalam rongga dada agak di sebelah kiri, besarnya lebih kurang segenggam tangan.
Jantung sudah bekerja sejak janin dalam kandungan. Jantung selalu berdenyut sepanjang kita hidup tanpa mengenal lelah.

Bagian-bagian Jantung

Jantung manusia dibagi menjadi empat ruangan yaitu serambi kiri (atrium sinester), serambi kanan (atrium dexter), bilik kiri (ventrikal sinester), dan bilik kanan (ventrikal dexter).

Jantung tersusun dari otot jantung, di antara serambi dan bilik terdapat sekat yang mempunyai katup, katup sebelah kanan disebut valvula bikuspidalis (klep 2 daun).

Klep-klep tersebut berfungsi untuk menjaga agar darah yang masuk ke bilik tidak kembali ke serambi. Antara serambi kiri dan serambi kanan, serta bilik kiri dan bilik kanan juga terdapat sekat.
Pengertian Jantung, Letak Jantung dan Struktur Anatomi Bagian-bagian Jantung
Gambar: Struktur Anatomi Jantung

Jantung dilindungi oleh selaput jantung yang disebut perikardium. Bilik kiri mempunyai dinding paling tebal dibandingkan dinding-dinding ruangan yang lain. Mengapa? Sebab bilik kiri dipakai untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca selengkapnya: Cara Kerja Jantung Manusia

Demikian pembahasan tentang jantung yang meliputi pengertian jantung, letak jantung manusia, bagian bagian jantung, anatomi jantung, struktur jantung.

Subscribe to receive free email updates: