Pengertian Tekanan Darah dan Alat pengukur Tekanan Darah serta Ukuran Tekanan Darah Tinggi, Tekanan Darah Normal dan Tekanan Darah Rendah

Berikut ini adalah pembahasan tentang tekanan darah yang meliputi pengertian tekanan darah, alat untuk mengukur tekanan darah, ukuran tekanan darah, alat pengukur tekanan darah, tekanan darah tinggi, tekanan darah normal, tekanan darah rendah.

Pengertian Tekanan Darah

Kita seringkali mendengar istilah tekanan darah tinggi, tekanan darah normal atau tekanan darah rendah. Apa itu maksudnya?

Apakah yang dimaksud dengan tekanan darah?
Tekanan darah adalah kemampuan jantung untuk menampung dan memompa darah ke seluruh tubuh. 
Jika serambi mengembang, maka jantung mengisap darah dari pembuluh balik (vena cava superior dan vena cava interior) masuk ke dalam serambi kanan dan dari vena pulmonalis masuk ke jantung bagian serambi kiri, kemudian serambi menguncup sehingga darah dari serambi kanan masuk ke bilik kanan, dan darah dari serambi kiri masuk ke bilik kiri sehingga otot bilik mengendor maksimum dan mengembang maksimum, peristiwa ini disebut diastole.

Selanjutnya, jantung beristirahat + 0,1 detik, setela itu mulailah otot bilik jantung berkontraksi sehingga darah di pompa keluar jantung dari bilik kiri keluar ke seluruh tubuh dan dari bilik kanan keluar jantung menuju ke paru- paru, peristiwa ini disebut sistole.

Alat Pengukur Tekanan Darah

Kekuatan memompa darah dari jantung diteruskan oleh pembuluh nadi, maka nadi ikut berdenyut sehingga tekanan darah dapat diukur dengan alat yang disebut tensimeter

Ukuran & Penggolongan Tekanan Darah

Tekanan darah orang dewasa normal sistole 120 mmHg dan diastole 80 mmHg.
Pengertian Tekanan Darah dan Alat pengukur Tekanan Darah serta Ukuran Tekanan Darah Tinggi, Tekanan Darah Normal dan Tekanan Darah Rendah
Tabel: Penggolongan Tekanan Darah

Demikian pembahasan tentang pengertian tekanan darah, alat untuk mengukur tekanan darah, ukuran tekanan darah, alat pengukur tekanan darah, tekanan darah tinggi, tekanan darah normal, tekanan darah rendah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Tekanan Darah dan Alat pengukur Tekanan Darah serta Ukuran Tekanan Darah Tinggi, Tekanan Darah Normal dan Tekanan Darah Rendah"

Post a Comment