Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Berikut ini pembahasan tentang hukum kekekalan energi yang meliputi bunyi hukum kekekalan energi, hukum kekekalan energi mekanik, rumus hukum kekekalan energi, sebutkan bunyi hukum kekekalan energi, bagaimana bunyi hukum kekekalan energi, bunyi hukum kekekalan energi kinetik.

Hukum Kekekalan Energi

Di bawah ini ditunjukkan beberapa contoh alat yang memanfaatkan perubahan energi.
Beberapa contoh perubahan energi
Gambar: Beberapa contoh perubahan energi

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan tetapi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.

Sudah sejak abad ke-17 manusia berusaha membuat mesin yang diharapkan dapat bergerak terus tanpa tambahan bahan bakar. Namun usaha tersebut sia-sia karena setelah diuji coba mesin dengan gerak abadi tersebut sulit terlaksana, dengan demikian orang gagal menciptakan energi.

Demikian juga pada manusia, manusia tidak mampu menciptakan energi. Energi yang dimiliki manusia bukan ciptaan manusia tetapi hanyalah perubahan dari energi kimia pada makanan (hewan maupun tumbuhan) menjadi energi yang kita miliki.

Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Buktinya jika manusia tidak makan, manusia tidak berdaya untuk melakukan kerja. Jelas bagi kita bahwa:
Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan yang ada hanyalah perubahan dari satu bentuk ke bentuk tenaga yang lain.
Kesimpulan tersebut di atas dikenal sebagai hukum kekekalan energi.

Karena energi tidak dapat diciptakan, maka sumber energi yang ada seperti bahan bakar minyak (BBM) dan gas bumi serta energi listrik perlu dihemat mengingat sumber energi tersebut tidak dapat diperbaharui.

Energi Alternatif

Selain itu manusia perlu mencari alternatif (pengganti) seperti energi: panas bumi, energi matahari, alkohol, energi gas rawa, energi nuklir dan lain sebagainya.

Untuk mengeksploitir energi alternatif tersebut dibutuhkan kemampuan khusus, kemampuan apakah itu? Coba diskusikan dengan temanmu.

Baca juga: Macam-macam Jenis Energi
Loading...