Pengertian Energi dan Macam-macam Jenis Energi beserta Contoh Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang energi yang meliputi pengertian energi, contoh energi, contoh energi dalam kehidupan sehari hari, macam macam energi, jenis jenis energi.

Pengertian Energi

Apakah yang dimaksud dengan energi?
Energi adalah besaran yang kekal, yang memiliki arti energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi energi bisa diubah dan berubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Contoh berikut ini mungkin akan memperjelas anda tentang definisi dari energi.

Contoh Penerapan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbagai bentuk energi
Gambar: Berbagai bentuk energi

Gambar di atas merupakan bermacam-macam energi yang kita dapatkan pada kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Orang dapat mengangkat barbel karena mempunyai tenaga yang didapat dari makanan yang telah ia makan. Orang yang mengangkat barbel melakukan kerja (usaha).
  2. Pesawat dapat terbang, karena mendapatkan energi dari pembakaran bahan bakar. Energi yang diperoleh dari bahan bakar yang terbakar itu untuk melakukan usaha.
  3. Buah kelapa yang terlepas dari tangkainya jatuh bebas, gaya beratnya melakukan usaha karena buah tersebut memiliki energi yang disebut energi potensial.
  4. Bunyi merupakan penjalaran energi getaran ke segala arah.

Dari hal-hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan energi, usaha dapat dilakukan atau dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.

Macam-macam Jenis Energi

Berikut ini adalah beberapa macam bentuk energi;

a. Energi kimia

Sumber energi yang tersedia di alam adalah karunia Tuhan Allah Pencipta Alam. Makanan, bahan bakar minyak, gas minyak tanah, gas alam dan bahan-bahan kimia memiliki energi kimia.

Energi kimia pada makanan timbul karena reaksi kimia yang berlangsung dalam tubuh manusia atau hewan. Energi kimia pada bahan bakar minyak atau gas timbul jika terjadi pembakaran. Pembakaran tersebut dapat terjadi pada mesin atau kompor.

b. Energi potensial

Makin tinggi kita mengangkat benda, semakin besar pula energi yang kita butuhkan, sesuai hukum kekebalan energi, energi benda tersebut semakin besar.

Energi semacam ini disebut energi potensial gravitasi. Jadi, energi yang dimiliki oleh suatu benda karena posisi atau kondisinya disebut energi potensial.

Benda yang berada di atas permukaan bumi mempunyai energi potensial sehingga mampu melakukan usaha atau kerja. Bandul jam pada titik tertingginya mempunyai energi potensial maksimum dan energi potensialnya menurun jika jatuh.

c. Energi kinetik

Setiap benda yang bergerak mempunyai energi. Makin cepat gerak benda, energinya makin besar. Sebaliknya makin rendah kecepatan geraknya, energinya makin kecil. Energi yang dimiliki benda karena kecepatannya disebut energi kinetik.

d. Bentuk energi yang lainnya

Bentuk energi lainnya, meliputi: energi listrik, kalor, energi bunyi, energi cahaya, energi magnet, dan energi nuklir (inti).

Energi dalam kehidupan ini dapat diperoleh dengan cara melakukan perubahan dari satu bentuk energi ke bentuk lainnya menggunakan alat yang sesuai.

Perhatikan contoh penerapan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari berikut ini!

1) Seseorang memukul paku , pada paku timbul bunga api dan bunyi. Ketika paku kita raba, paku terasa panas.
Perubahan energi gerak martil menjadi kalor, cahaya, bunyi dan gerak paku.
Gambar: Perubahan energi gerak martil menjadi kalor, cahaya, bunyi dan gerak paku.

Dalam kegiatan ini terjadi perubahan energi gerak martil menjadi:
- kalor (paku menjadi panas),
- cahaya (timbul bunga api),
- bunyi,
- gerak paku (paku tertanam di tempat pemasangan).

2) Perhatikan gambar di bawah ini!
Perubahan Energi
Gambar: Perubahan Energi

Jika swicth digeser sedemikian hingga baterai 4,5 v memberikan arus maka lampu menyala dan motor listrik berputar. Motor digunakan untuk memutar roda seperti gambar sehingga beban 0,5 kg bergerak naik.

Dalam peristiwa ini terjadi perubahan energi pada:
- baterai : energi kimia menjadi energi listrik
- bolam : energi listrik menjadi kalor dan cahaya
- motor listrik : energi listrik menjadi energi mekanik
- beban : energi kinetik menjadi potensial

Baca juga: Bunyi Hukum Newton 1 dan 2

Subscribe to receive free email updates: