Macam-macam Contoh Penerapan Hukum Pascal Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh hukum pascal yaitu contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari hari.

Diantara Penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
a. Dongkrak hidrolik
b. Kempa hidrolik
c. Alat pengangkat mobil
d. Macam-macam pompa
e. Rem hidrolik

Penjelasan lebih lanjut dari beberapa point di atas adalah sebagai berikut;

Contoh Penerapan Hukum Pascal

Diantara contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagaimana penjelasan berikut ini!

a. Dongkrak hidrolik

Mula-mula K3 terbuka kemudian ditutup. Penghisap pada tabung A ditarik ke atas sehingga katup K1 terbuka, katup K2 tertutup zat cair masuk ke A dari C, kemudian jika penghisap ditekan ke bawah katup K1 tertutup, K2 terbuka sehingga zat cair dari A masuk ke B dan tekanan dari A diteruskan ke B.
Dongkrak Hidrolik
Gambar: Dongkrak Hidrolik

Luas penampang B jauh lebih luas dari penampang A sehingga silinder D mendapat gaya yang cukup besar untuk mengangkat mobil. Agar silinder D turun kembali katup K3 dibuka, zat cair masuk dari B ke C.

b. Kempa hidrolik

Dasar kerjanya sama dengan dongkrak hidrolik hanya silinder (pengangkat) diganti fungsinya sebagai pengempa (penekan). Alat ini digunakan untuk memeras biji untuk diambil minyaknya, mengepak ampas tebu, kapas, mencetak plat logam dan lain-lain.
Kempa Hidrolik
Gambar: Kempa Hidrolik

c. Alat pengangkat mobil

Alat pengangkat mobil di bengkel-bengkel besar, juga berdasarkan hukum Pascal.

d. Beberapa pompa

Diantara contoh pompa yang bekerja menggunakan prinsip hukum pascal adalah sebagai berikut;

1) Pompa air

Pompa air mempunyai bagian-bagian sebagai berikut:
Pompa Air
Gambar: Pompa Air

  1. Ruang air R1, R2, dan R3
  2. Klep K1, yang akan membuka jika pengisap bergerak naik dan menutup jika pengisap turun (air masuk dari R1 ke R2 pada saat pengisap turun).
  3. Klep K2 menutup jika pengisap naik dan membuka jika bergerak turun sehingga air pindah dari R2 ke R3
  4. Pengisap dan tangkai pengisap air akan memancar ke luar melalui saluran air A. Pompa air digunakan untuk mengisap air sumur, untuk keperluan seharihari.

2) Pompa tekan udara

Pompa sepeda merupakan salah satu contoh pompa tekan udara. Pompa udara yang digunakan untuk memompa udara keluar dari suatu ruangan tertutup dinamakan pompa isap.
Pompa Tekanan Udara
Gambar: Pompa Tekanan Udara

Apabila penghisap P ditarik ke atas klep K1 membuka, klep K2 menutup sehingga udara dari ruang A masuk ke B dan udara dari C ke luar melalui lubang D.

Pada saat pengisap P bergerak turun klep K1 menutup dan klep K2 membuka udara dari B masuk ke C, demikian seterusnya sehingga udara di A dapat dikeluarkan menggunakan pompa isap udara.
Bejana Berhubungan
Gambar: Bejana Berhubungan

Isilah sebuah bejana berhubungan dengan air.Bagaimana kedudukan permukaan-permukaan air dalam setiap pipanya? Mendatar bukan? Gejala ini disimpulkan sebagai hukum bejana berhubungan yang bunyinya sebagai berikut:
”Bila bejana-bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama, dalam keadaan seimbang, permukaan zat cair dalam bejana-bejana itu terletak pada sebuah bidang mendatar” (bila tidak ada pipa kapiler).
 Baca juga: Bunyi Hukum Pascal
Loading...