Pengertian dan Rumus Tekanan Hidrostatis serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Berikut ini adalah pembahasan tentang tekanan hidrostatis yang meliputi pengertian tekanan hidrostatis, rumus tekanan hidrostatis, contoh soal tekanan hidrostatis, faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Tahukah kamu mengapa bendungan dibuat dengan konstruksi bagian bawah lebih besar? Karena zat cair dalam keadaan diam mempunyai berat, maka titik yang berada di dalam zat cair mengalami tekanan. Tekanan ini disebut tekanan hidrostatis.
Tekanan Hidrostatis adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau lebih lengkapnya Tekanan Hidrostatis didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi tekanan hidrostatis tersebut? Ikutilah kegiatan di bawah ini!

Kegiatan

  1. Isilah gelas erlenmeyer dengan air, kemudian isilah gelas erlenmeyer lain dengan minyak tanah/spirtus dengan ketinggian yang sama!
  2. Masukkan pengukur tekanan hidrostatis (pesawat harlt) ke dalam air sampai dasar gelas kemudian catatlah tekanan hidrostatisnya. (cmHg)
  3. Pindahkan pesawat Harlt itu ke dalam gelas lain yang berisi minyak tanah atau spirtus usahakan sampai dasar gelas pula. Kemudian catatlah, berapa besar tekanan hidrostatisnya. (cmHg)
Pengertian dan Rumus Tekanan Hidrostatis serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Kesimpulan:
Pada kedalaman sama tekanan hidrostatis air lebih besar. Telah kita ketahui massa jenis air lebih besar dibanding massa jenis minyak atau spirtus.
Jadi, tekanan hidrostatis sebanding dengan massa jenis zat cair.
  • Aturlah kedudukan selaput tipis pesawat harlt pada setengah ketinggian minyak tanah atau spirtus. Bacalah berapa tekanan hidrostatisnya. (cmHg)

Kesimpulan
Di dalam zat cair yang sama tekanan hidrostatis makin besar, jika kedalaman titik di bawah permukaan zat cair makin besar. Sebaliknya tekanan hidrostatis makin kecil jika kedalaman titik dari permukaan air makin kecil.
Informasi:
Di ruang tanpa bobot, zat cair tidak mempunyai berat sehingga tekanan hidrostatis = nol disebabkan percepatan gravitasi g = nol. Dari percobaan, makin besar g (makin besar percepatan gravitasi), makin besar pula tekanan hidrostatis.
Kesimpulan akhir, jadi faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatik adalah;
Tekanan hidrostatis sebanding dengan:
  1. Kedalaman titik di bawah permukaan zat cair (h)
  2. Massa jenis zat cair (r)
  3. Percepatan gravitasi bumi (g)

Rumus Tekanan Hidrostatis


Jika dirumuskan secara matematik, didapat rumus sebagai berikut:

Pengertian dan Rumus Tekanan Hidrostatis serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Dalam sistem internasional satuan tekanan hidrostatis = pa (Nm-2)
  • Satuan ρ dalam kg/m3
  • Satuan g dalam m/s2
  • Satuan h dalam m

Baca juga: Pengertian dan Rumus Tekanan
Loading...