Manfaat Interaksi Sosial Dan Tujuan Mempelajari Interaksi Sosial


Pembahasan: Manfaat interaksi sosial dan tujuan mempelajari interaksi sosial

Manfaat Interaksi Sosial Dan Tujuan Mempelajari Interaksi Sosial


Coba kamu bayangkan seandainya sekolah tempat kamu belajar selama tiga hari berturut-turut pegawai Tata Usaha tidak masuk. Tentunya urusan tata usaha akan terbengkalai. 

Atau apabila di sebuah perusahaan, karyawannya mogok kerja, tentu tidak ada barang yang dihasilkan sehingga perusahaan mengalami kerugian. 

Manfaat Interaksi Sosial Dan Tujuan Mempelajari Interaksi Sosial
Gambar: Interaksi Sosial
Berdasarkan contoh di atas, perlukah interaksi sosial?

Di dalam interaksi sosial, kita harus mengedepankan naluri dan sudah sewajarnya kita memahami pandangan, keinginan, kebutuhan, dan kesedihan orang lain, dan kita harus pula menjauhi sikap memaksakan kehendak kepada orang lain. 

Kamu harus dapat memahami tentang diri sendiri dalam masyarakat dan sadar bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Interaksi sosial merupakan dasar bagi muncul, bertahan, dan berubahnya kehidupan bermasyarakat dan kehidupan sosial. 

Oleh karena itu, sikap menghargai, menghormati, dan bertoleransi dengan sesama harus terus dibina sehingga interaksi sosial yang terjadi dapat berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, bersikap baiklah terhadap teman yang sedang berbicara denganmu dan hargailah apa yang sedang dia ceritakan padamu sehingga hubunganmu akanbaik dengannya

Baca Juga: Proses Pembentukan Kepribadian, Fakator-faktor Dan Tahapan Sosialisasi

Subscribe to receive free email updates: