Pengertian dan Contoh Gelombang Mekanik, Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal

Berikut ini adalah pembahasan tentang gelombang yang meliputi pengertian gelombang, pengertian gelombang mekanik, pengertian gelombang transversal, pengertian gelombang longitudinal, contoh gelombang mekanik, contoh gelombang transversal, pengertian gelombang elektromagnetik, contoh gelombang elektromagnetik, contoh gelombang longitudinal.

Pengertian Gelombang

Apakah yang dimaksud dengan gelombang?
Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat. 
Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai peristiwa gelombang, misalnya gelombang air laut, gelombang radio, dan gelombang cahaya.

Pengertian Gelombang mekanik dan Gelombang Elektromagnetik

Gelombang yang digunakan untuk siaran radio, televisi, dan telepon seluler adalah contoh gelombang elektromagnet, sedangkan gelombang tsunami, gelombang pada tali, dan gelombang bunyi merupakan contoh gelombang mekanik.
Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam penjalarannya, sedangkan gelombang elektromagnet dapat menjalar melalui ruang hampa dan juga dapat menjalar pada medium.
Perhatikan percobaan sederhana dengan tangki riak pada gambar berikut ini.
Tangki Riak
Gambar: Tangki Riak

Batu kecil dijatuhkan di permukaan air di S. Pada permukaan air timbul gelombang yang merambat dari S ke tepi tangki riak melalui kertas di P.

Kertas di P bergerak naik turun berulang-ulang (P bergetar), tetapi kertas tidak berpindah tempat. Dengan kata lain energi getaran berpindah dari sumbernya (S) ke titik lain termasuk ke titik P.
Gangguan keseimbangan yang menimbulkan gelombang disebut usikan.
Jadi gelombang adalah pola perambatan getaran atau usikan yang menjalar atau perambatan energi getaran
Gelombang tidak memindahkan medium, tetapi memindahkan energi getaran dari sebuah sumber ke tempat lain.

Gelombang transversal dan longitudinal

Lakukan percobaan dengan tali dan pegas seperti gambar di bawah ini.
Gelombang transversal (arah getar dan arah rambat gelombang tegak lurus)
Gambar: Gelombang transversal (arah getar dan arah rambat gelombang tegak lurus)
Gelombang longitudinal (arah getaran dan arah rambat gelombang searah)
Gambar: Gelombang longitudinal (arah getaran dan arah rambat gelombang searah)

Gelombang seperti gambar atas disebut gelombang transversal dan gelombang seperti gambar bawah disebut gelombang longitudinal.

Pengertian Gelombang Transversal

Perhatikan gambar gelombang transversal, pada gelombang transversal tali, tali bergetar naik dan turun gelombang menjalar horizontal sehingga terbentuk gunung dan lembah gelombang, jadi arah rambatan gelombang tegak lurus arah getaran. Gelombang demikian disebut gelombang transversal.
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Cahaya adalah contoh dari gelombang transversal.
Gelombang transversal hanya dapat merambat dengan baik pada zat padat dan permukaan zat cair.

Pengertian Gelombang Longitudinal

Perhatikan gambar gelombang longitudinal, getaran pegas arahnya horizontal, gelombang merambat arahnya horizontal dari A ke B. Gelombang demikian disebut gelombang longitudinal. 
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah getaran yang sama dengan arah rambatan. Artinya arah gerakan medium gelombang sama atau berlawanan arah dengan perambatan gelombang. Gelombang longitudinal mekanis juga disebut sebagai gelombang mampatan atau gelombang kompresi.
Gelombang longitudinal mempunyai arah getaran dan rambatan sejajar atau segaris. Gelombang longitudinal dapat merambat dengan baik pada zat padat, cair, maupun gas.

Loading...