Air Bawah Permukaan Dan Maca-macam Air Tanah

Berikut adalah pembahasan tentang: Air bawah tanah, air bawah permukaan, air tanah, pengertian air tanah, ciri-ciri air tanah dangkal, air tanah dalam, pengertian air tanah dalam, ciri-ciri air tanah dalam, artesis, pengertian artesis, Sungai bawah tanah, pengertian Sungai bawah tanah, air kapiler, pengertian air kapiler, geyser, pengertian geyser. 

Air Bawah Permukaan

Air bawah permukaan adalah air yang mempunyai aliran di dalam tanah sebagai hasil resapan dari aliran air permukaan. 
Air bawah permukaan memiliki bentuk daerah aliran yang teratur. Air bawah permukaan bergerak di bawah permukaan bumi melalui pori-pori tanah. 
Pada dasarnya, air bawah permukaan mempunyai bermacam-macam bentuk, yaitu:

a) Air tanah

Air tanah adalah air yang terdapat dalam pori-pori lapisan tanah bagian atas dari lapisan kedap air disebut juga air tanah freatis. 
Air tanah dangkal hanya ada pada musim hujan. Dengan adanya gaya gravitasi, air tanah dangkal akan bergerak turun melalui lapisan tanah yang ada di bawahnya dan menjadi air tanah dalam. 
Air bawah tanah, air bawah permukaan, air tanah, pengertian air tanah, ciri-ciri air tanah dangkal, air tanah dalam, pengertian air tanah dalam, ciri-ciri air tanah dalam, artesis, pengertian artesis, Sungai bawah tanah, pengertian Sungai bawah tanah, air kapiler, pengertian air kapiler, geyser, pengertian geyser.
Gambar: Skema Air Tanah

Ciri-ciri air tanah dangkal adalah:

  1. banyak digunakan sebagai sumur-sumur penduduk;
  2. pada musim kemarau debit airnya surut dan pada musim penghujan debit airnya banyak; dan
  3. mudah terkena polusi, terutama daerah yang padat penduduknya.

b) Air tanah dalam

Air tanah dalam adalah air tanah yang terletak di antara dua lapisan kedap air atau lebih yang asal airnya dari lereng pegunungan atau dataran tinggi. 
Lapisan air ini disebut lapisan akuifer. Sering air tanah dalam yang berada antara dua lapisan kedap air keluar dan memancarkan airnya. 

Jika debit airnya banyak dan berada di dataran tinggi, maka air ini disebut artesis. Air tanah dalam ditemukan pada dua zona, yaitu zona tak jenuh adalah lapisan di mana pori-pori batuan masih berisi air dan udara, serta zona jenuh adalah lapisan di mana pori-pori batuan sudah terisi air seluruhnya. 

Antara zona tak jenuh dan zona jenuh dibatasi oleh lapisan yang disebut batas kolom air.
Ciri-ciri air tanah dalam adalah:
  1. berasal dari dataran tinggi atau lereng pegunungan yang masuk ke dalam lapisan akuifer;
  2. letak air jauh di dalam tanah; dan
  3. mempunyai tekanan yang besar karena pengumpulan secara terus-menerus.

c) Artesis

Artesis adalah air yang terjebak dalam suatu lubang tertutup. Air yang terjebak di antara batuan dapat memancar ke permukaan apabila terjadi perbedaan energi potensial.

d) Sungai bawah tanah

Sungai bawah tanah adalah aliran air yang mempunyai alur mengikuti rongga-rongga yang berhubungan dengan struktur gua atau antiklin.

e) Air kapiler

Air kapiler adalah air yang masuk ke dalam tanah melalui pori-pori batuan tanpa kandungan udara.

f) Geyser

Geyser adalah aliran atau semburan air panas di daerah gunung berapi. Geiser memancar ke luar akibat tekanan yang dihasilkan oleh panas bumi.
Loading...